Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan HR Rasuna Said Rusak di Sejumlah Titik, Ini Penyebabnya Menurut Ahli

Kompas.com - 22/02/2022, 12:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Jalan HR Rasuna Said di Setiabudi, Jakarta Selatan, dilaporkan kembali berlubang belum lama ini.

Dilaporkan Kompas.com pada akhir bulan Desember tahun 2021, salah satu jalan utama Jakarta yang juga merupakan pusat bisnis atau financial district tersebut rusak akibat adanya pengerjaan proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) yang tengah berlangsung.

Adapun langkah yang diambil oleh Kasudin Bina Marga Jakarta Selatan Heru Suwondo untuk memperbaiki jalan Rasuna Said adalah dengan menambal atau mengaspal beberapa lubang yang ada.

“Proses patching (tutup lubang) sudah dilakukan petugas di lapangan. Untuk di Jalan Rasuna Said kita lapisi dengan layer dilanjut hot mix (campuran aspal),” ujar Heru, Selasa (28/12/2021).

Terkait hal ini, Pengamat Perkerasan Jalan dan Aspal Purnomo mengatakan bahwa permasalahan utama pada Jalan HR Rasuna Said dikarenakan campuran hot mix yang kurang bagus.

Baca juga: Hati-hati, Jalan Rusak di Bawah Stasiun MRT Haji Nawi Tengah Diperbaiki

Selain itu, diperkirakan pemadatan jalan yang kurang juga bisa menjadi penyebab masalah jalan berlubang tersebut terus muncul.

Ketika hujan turun, rongga-rongga udara akibat pemadatan yang kurang baik akan terisi oleh air.

Ini mengakibatkan ketika dilalui atau dibebani oleh roda kendaraan, air mendesak partikel agregat sehingga mereka terlepas dari ikatan.

“Karena pemadatannya kurang, rongga jadi terisi air. Jadi waktu dibebani roda, air mendesak partikel agregat dan agregatnya lepas,” jelas Purnomo saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/2/2022).

Purnomo kembali menjelaskan, hal lain yang bisa menyebabkan masalah jalan ini adalah ikatan batu dan aspal yang kurang kuat.

Baca juga: Bisakah Aspal Sirkuit Mandalika Diterapkan di Jalan Raya?

Oleh karenanya, pemilihan batu yang termasuk bagian dari agregat dan tipe aspal yang digunakan tidak boleh sembarangan.

Menurut Purnomo, solusi yang bisa diambil adalah dengan melakukan pelapisan ulang jalan dengan desain campuran hot mix yang harus diperbaiki.

Solusi tersebut juga ditambah dengan perbaikan proses pemadatan untuk memastikan tidak muncul rongga pada jalan.

“Solusinya dilapis ulang dengan desain campuran hot mix yang diperbaiki dan pemadatannya diperbaiki juga,” pungkas Purnomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com