Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Ingat, HGB Tak Diperpanjang, Tanah Bakal Kembali Jadi Milik Negara

Kompas.com - 22/02/2022, 11:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hak Guna Bangunan (HGB) merupakan bukti hak dalam mendirikan atau memiliki sebuah bangunan yang bukan miliknya dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Terkait hal ini, Staf Khusus dan Juru Bicara Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Teuku Taufiqulhadi mengatakan, HGB tidak selalu berada di atas tanah negara, tetapi juga bisa di atas tanah hak pengelolaan dan tanah hak milik.

Sehingga, jika masa sertifikat HGB berakhir dan belum diperpanjang, maka status tanah akan kembali menjadi milik negara atau perusahaan.

Artikel ini menjadi terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Selasa (22/2/2022).

Lantas, berapa lama jangka waktu kepemilikan HGB? Ketahui jawabannya melalui artikel ini: HGB Tak Diperpanjang, Tanah Bakal Kembali Jadi Milik Negara

Bendungan Sepaku Semoi yang lokasinya dibangun di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan impounding (diisi air) pada pertengahan tahun 2023.

Infrastruktur sumber daya air (SDA) ini dibangun demi memenuhi kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Lantas, sudah sejauh mana prorgesnya saat ini? Informasi selengkapnya bisa Anda baca di sini: Penuhi Kebutuhan Air Baku IKN Nusantara, Impounding Bendungan Sepaku Semoi Dipercepat

Warga Bandung disebut beruntung karena tinggal di sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Beruntung karena di alam tropis. Ketinggian 1.000 mdpl ini seperti bagian patahan Lembang di Bandung Utara yang memiliki micro climate layak huni.

Pada ketinggian ini, terdapat Taman Hutan Raya Ir H Juanda, taman kota kebanggaan warga Bandung.

Lalu, Kampus Universitas Islam Bandung (Unisba) juga telah berdiri sejak awal era 1980-an.

Apa saja hal menarik lainnya bagi mereka yang tinggal di Bandung? Ulasan selengkapnya ada di artikel ini Berkah Seribu Meter di Atas Permukaan Laut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com