Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Penting Kehadiran Drone dalam Industri Konstruksi Saat Ini?

Kompas.com - 15/02/2022, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Drone saat ini telah mengambil peran lebih dari sekadar mainan bagi para penggemar mainan berteknologi tinggi.

Industri konstruksi saat ini kian memfungsikan drone sebagai alat bantu untuk melakukan survei lokasi sebelum proses konstruksi dimulai.

Kehadiran drone memungkinkan operator konstruksi memetakan lokasi potensial dari jarak jauh sehingga bisa memangkas perjalanan yang tidak perlu.

Drone telah menghadirkan gambar visual yang mendetail dan beresolusi tinggi, di mana tidak mudah diperoleh dengan menggunakan peralatan survei konstruksi tradisional.

Baca juga: Survei Pemetaan Lahan Proyek Tol Cisumdawu Gunakan Teknologi Drone

Data dari drone ini membantu para perencana konstruksi untuk lebih akurat menemukan potensi masalah dan memungkinkan penyebaran peralatan yang lebih efektif setelah konstruksi dimulai.

Mengirimkan drone ke lokasi konstruksi tidak hanya memberi kecepatan dan fleksibilitas, namun juga memberikan apra operator konstruksi kemampuan untuk melihat lokasi secara lebih menyeluruh.

Ilmuwan pemetaan bersertifikat Bryan Baker mengatakan, sebagai alat perekam realitas, drone menyediakan kemampuan untuk menangkap foto udara dari suatu proyek kapan saja.

“Akan ada lebih banyak data yang dapat ditangkap dalam penerbangan 20 menit daripada yang dapat ditangkap dalam seminggu pengukuran lahan secara tradisional,” ujarnya.

Selain itu, data yang didapatkan jauh lebih padat dan kaya sehingga memungkinkan analisis yang lebih detail untuk beberapa aplikasi.

Semuanya akan berpengaruh pada pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat di lokasi manajemen proyek.

Para produsen software dan hardware drone juga memastikan data yang dihasilkan dari tersedia dalam berbagai aplikasi perangkat lunak konstruksi.

Dengan kemajuan baru dalam teknologi drone, perusahaan konstruksi dapat menerima data yang lebih baik dan lebih cepat daripada sebelumnya.

Meskipun memiliki harga yang cukup mahal namun kehadiran drone di sebuah perusahaan konstruksi membantu memangkas biaya survei di lapangan serta membantu pemilik proyek memutuskan banyak hal dengan lebih tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com