Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawat Lantai Vinyl Agar Tetap Awet dengan Trik Ini

Kompas.com - 30/12/2021, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.comLantai vinyl adalah jenis lantai berbahan dasar sintetis yang banyak digunakan karena tampilannya yang mewah dan harga yang lebih terjangkau dibanding dengan lantai linoleum.

Namun, untuk menjaga tampilan lantai vinyl agar tetap cantik dan awet, Anda harus mengetahui trik perawatannya berikut ini.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (29/12/2021), untuk menghindari goresan pasir pada permukaan lantai vinyl, lantai tersebut harus dipel kering, disapu atau disedot debunya setiap hari.

Letakkan keset di setiap pintu masuk untuk menampung pasir dan kotoran yang mampu merusak lantai vinyl.

Lebih lanjut, untuk mencegah lantai penyok karena furnitur yang berat, lengkapi kaki meja dan kursi dengan pelindung lantai berbahan kain.

Penting untuk diperhatikan, lantai vinyl tidak boleh dilap menggunakan pembersih kasar, abrasif hingga sikat berbulu kaku.

Selain itu, tumpahan makanan, minuman atau cairan apapun harus segera dibersihkan sebelum noda semakin sulit untuk dihilangkan.

Terdapat berbagai macam jenis produk pembersih khusus lantai vinyl. Baca label bahan produk terlebih dahulu dan pastikan produk tidak mengandung amonia karena dapat merusak permukaannya.

Sebagai alternatif, lantai vinyl juga bisa dibersihkan dengan campuran air hangat dan beberapa tetes sabun pencuci piring cair.

Sementara itu pada proses pengaplikasiannya, pastikan campuran pembersih lantai tidak menimbulkan terlalu banyak busa karena busa dapat meninggalkan lapisan tipis yang mampu menarik lebih banyak debu dan kotoran.

Sedangkan khusus pada lantai di kamar tidur dan ruang tamu, Anda perlu mencampurkan satu cangkir cuka putih dengan air hangat untuk hasil lantai yang bersih dan berkilau.

Untuk pembersihan noda yang mampu merubah warna lantai vinyl, seperti cipratan saus tomat, Anda bisa mencampurkan pasta soda kue dan oleskan pada noda dan lap dengan kain mikrofiber.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com