Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Santri Ponpes di Riau Bisa Nikmati Rusun Rp 6,1 Miliar

Kompas.com - 16/12/2021, 21:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menuntaskan pembangunan rumah susun (rusun) senilai Rp 6,1 miliar di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Rusun tersebut dibangun untuk mengakomodasi para santri yang menuntut ilmu agama di Yayasan Luhur Amal Muli Pondok Pesantren Miftahul Huda.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pihaknya ingin generasi muda Indonesia termasuk para santri bisa menikmati hasil pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah seperti rusun.

"Selain menjadi tempat tinggal bagi para santri, adanya rusun juga dapat menjadi area belajar agar terbiasa hidup di hunian vertikal,” kata Khalawi dalam rilis, Kamis (16/12/2021).

Menurut Khalawi, pemerintah mendorong pembangunan rusun untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang ada, karena sudah semakin terbatas.

Baca juga: Usai Dibantu Bangun Rusun, Pemda Harus Menerapkan Sejumlah Hal

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera III Direktorat Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Zubaidi menyatakan, rusun para santri dilaksanakan oleh Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Provinsi Riau Balai P2P Wilayah Sumatera III.

"Saat ini ,proses pembangunan rusun untuk santri di Yayasan Luhur Amal Muli Pondok Pesantren Miftahul Huda sudah selesai 100 persen," terang Zubaidi.

Berdasarkan data, rusun Yayasan Luhur Amal Muli Pondok Pesantren Miftahul Huda ini dirancang dengan tipe barak mini setinggi tiga lantai.

Untuk kamarnya, rusun ini sebanyak 21 unit dan akan dilengkapi dengan meubelair lengkap seperti tempat tidur susun dan lemari.

Adapun kontraktor pelaksana pembangunan adalah PT Razasa Karya dan manajemen konsultan CV Fajar Bahri.

Ketua Yayasan Luhur Amal Muli Pondok Pesantren Miftahul Huda Irzal Ahmad menilai, bantuan rusun dari Kementerian PUPR dinilai sangat membantu para santri untuk dapat asrama yang baik dan sehat.

"Kami berharap dengan adanya Rusun ini para santri bisa belajar dan beristirahat dengan nyaman," tuntas Irzal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com