Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirip Wisma Atlet, Rusun ASN Rp 25 Miliar Mulai Dibangun di Papua

Kompas.com - 26/11/2021, 21:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah susun negara (rusunara) dengan tipologi seperti Wisma Atlet Kemayoran mulai dibangun di Provinsi Papua.

Rumah susun (rusun) ini diperuntukkan bagi ASN Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang bertugas di Papua.

Mengutip dari laman Kemenkeu, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah melakukan tproses grounbreaking pembangunannya pada Jumat (26/11/2021).

Karena, pegawai Kemenkeu dirasa tidak memiliki kemewahan untuk memilih lokasi dimana ia ditempatkan.

Baca juga: Tersedia Meubelair, Dua Rusun Ponpes An-Nawawi Siap Dihuni

Tak sedikit pula pegawai yang ditugaskan jauh dari daerah asalnya, termasuk yang berada di Papua.

"Kebutuhan untuk bisa menjalankan tugas di tempat yang jauh dari homebase membutuhkan dukungan terutama dari sisi rumah tinggal," ujar Sri Mulyani.

Sementara itu, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menyampaikan, rusun ini bertipologi seperti Wisma Atlet Kemayoran.

"Pembangunan rusun ini dibiayai dana APBN tahun Anggaran 2022 melalui DIPA Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Papua senilai Rp 25,5 miliar," kata Khalawi dalam siaran pers.

Adapun untuk spesifikasinya yakni satu tower dengan tiga lantai. Jumlah huniannya 44 unit dengan tipe 36 yang mampu menampung 176 orang.

Rusun ini juga akan dilengkapi fasilitas pendukung seperti meubelair yang terdiri dari tempat tidur susun, lemari pakaian, dan meja kursi makan.

Selain itu akan ada penyambungan listrik dan sarana air bersih serta Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU), sehingga bangunan ini siap sedia untuk dimanfaatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com