Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Jitu Hilangkan Karat di Bagian Dalam Kulkas

Kompas.com - 23/11/2021, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang kerap dijumpai pada peralatan rumah tangga berbahan baja adalah terkena karat. Selain memiliki tampilan yang buruk, benda yang berkarat bisa lebih cepat rusak.

Lemari es merupakan produk rumah tangga yang sangat rentan berkarat. Tak hanya di bagian eksterior, karat juga bisa sampai ke bagian dalamnya.

Karat di dalam lemari es sering kali disebabkan oleh proses pengembunan. Lapisan pelindung di bagian dalam lemari es akan luntur sehingga hanya tersisa lapisan dasar yang terbuat dari logam.

Baca juga: Kulkas Anda Mengeluarkan Bau Tidak Sedap? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Karena tidak terlindungi, logam ini akan terpapar air dan membuatnya lembap. Lama-kelamaan akan muncul karat. Rak kawat di dalam lemari es juga rentan terhadap karat saat lapisan pelindungnya hilang.

Jangan panik dan membuang semua sayuran segar yang masih tersimpan dalam lemari es. Karat hanyalah oksida besi dan tidak berbahaya bagi kesehatan Anda. Bahkan karat ini tidak akan diserap oleh makanan di lemari es Anda.

Karat yang memiliki warna lebih pucat biasanya lebih gampang dibersihkan karena hanya baru di permukaan saja. Cukup gosok bagian yang berkarat dengan larutan cuka putih sehingga karat akan larut.

Sementara area yang memiliki bintik karat lebih gelap, terutama di bagian dalam pintu lemari es, perlu dibersihkan dengan lebih ekstra.

Campurlah pasta jus lemon dan garam kemudian oleskan ke karat dengan kain dan gosok secara perlahan.

Asam dari lemon akan menghilangkan karat, sedangkan garam bertindak sebagai abrasif untuk membuat karat mudah terlepas. Biarkan pasta ini selama satu jam, lalu gosok dengan sikat lembut.

Setelah lapisan karat menghilang di area dalam lemari es, lakukan pembersihan lemari es Anda secara teratur sehingga membantu menghilangkan tumpahan dan cairan yang bisa memicu timbulnya karat.

Anda juga dapat menggunakan cat anti karat di bagian dalam lemari es Anda terutama pada area yang terbuat dari baja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com