Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volume Lalu Lintas Jalan Tol Berpeluang Naik Saat Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 18/11/2021, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peningkatan volume lalu lintas (lalin) kendaraan di jalan tol berpotensi terjadi pada Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) nanti.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur dalam sambutannya saat mengukuhkan Tim Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Nataru 2021 di Kantor Pusat Jasa Marga, Kamis (18/11/2021).

Subakti mengatakan, saat ini aktivitas masyarakat yang perlahan pulih tercermin pada peningkatan volume lalu lintas kendaraan di sebagian besar jalan tol Jasa Marga Group.

“Untuk itu kita berkumpul dalam rangka melakukan persiapan, dalam menghadapi momen Pelayanan Operasional Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan tetap memperhatikan upaya pengendalian, pencegahan penularan dan penanggulangan COVID-19,” ujar Subakti.

Baca juga: Ini Tiga Tol Jasa Marga dengan Lalin Harian Tertinggi Selama Oktober

Menurut Subakti, sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian Tim Satgas Jasa Marga Siaga ialah memastikan kesiapan pelayanan di gerbang dan sepanjang jalur tol.

“Banyak hal yang harus diperhatikan termasuk kondisi perkerasan, keberfungsian drainase, sarana prasarana, serta pemenuhan seluruh substansi Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol,” tambanya.

Tim Jasa Marga Siaga juga harus memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan dengan melakukan pemantauan dan pengendalian pada titik-titik rawan kecelakaan, banjir, genangan, longsor, serta lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan lalu lintas.

Perlu juga disiapkan strategi antisipasi dan penanganan kondisi darurat, serta melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di seluruh gerbang tol dan rest area.

Jasa Marga juga akan berkoordinasi dengan Kepolisian dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan serta Satgas Penanganan Covid-19, dalam pengendalian perjalanan orang dan transportasi umum.

Tim Satgas Jasa Marga Siaga Nataru 2021 terdiri atas Tim Koordinator Operasional dan Tim Koordinator Pendukung Operasional di mana semuanya berjumlah 65 unit dari seluruh cabang dan anak perusahaan Jasa Marga Group di seluruh Indonesia.

Selain itu, Tim Satgas Jasa Marga Siaga Nataru 2021 memiliki Koordinator Operasional berdasarkan wilayah, yaitu Wilayah Metropolitan, Wilayah Trans Jawa dan Wilayah Nusantara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com