Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Sekarang, Jangan Bersihkan Kaca dengan Koran Bekas, Mengapa?

Kompas.com - 07/11/2021, 19:16 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia lagi jika kertas koran digunakan sebagai alat untuk membersihkan kaca jendela maupun cermin.

Dengan memakai koran, setiap kotoran di kaca baik jendela atau cermin rias akan mudah terangkat sehingga lebih cepat bersih. 

Selain itu, koran juga mudah diperoleh dan lebih murah ketimbang harus membeli produk pembersih kaca.

Presiden Direktur Glass Doctor Brad Roberson mengatakan, sudah saatnya setiap orang untuk meninggalkan teknik lawas ini.

"Koran saat ini dapat dengan cepat rusak saat basah dan meninggalkan noda di bingkai cermin dan kusen jendela, belum lagi jari-jari Anda," kata Brad dikutip dari Real Simple, Minggu (7/11/2021).

Tak hanya itu, penggunaan koran tidak tepat untuk membersihkan kaca karena juga akan membuat tangan menjadi kotor akibat tinta yang terkandung di dalamnya.

Di samping itu, sisa-sisa kertas koran dan tinta juga bisa mengotori bingkai kaca. Ini tentu akan membuat Anda bekerja dua kali yaitu membersihkan kaca dan bingkainya yang membuatnya semakin kotor.

Baca juga: Begini Teknik Pemasangan Stiker Sandblast pada Kaca Ruangan

Adapun cara terbaik membersihkan kaca cermin atau jendela adalah menggunakan kain mikrofiber dan produk pembersih jendela.

Untuk noda atau kotoran ekstra membandel, Roberson merekomendasikan melakukan pembersihan terlebih dahulu dengan kain yang telah dibasahi dengan alkohol gosok.

Selain itu, Anda bisa menggunakan sabun dan air untuk menyapu kotoran di kaca rumah.

Sebab, bagian luar kaca, terutama jendela, adalah bagian paling rawan terpapar kotoran, mulai dari debu, bangkai binatang, hingga sinar matahari.

Kemudian gunakan cairan pembersih tambahan yang memiliki busa melimpah untuk membuatnya kian bersinar.

Saat membersihkan kaca, perlu diingat untuk tidak menggunakan selang untuk merontokkan kotoran.

Bukannya efektif, semprotan air selang biasanya cukup keras dan endapan mineral dapat diserap oleh permukaan kaca yang keropos.

Ada baiknya jika Anda mengisi ember dengan air untuk memulai membersihkan kaca secara menyeluruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com