Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Titik Lelah Tol Trans-Jawa, Cipali Sediakan 8 Rest Area, Ini Rinciannya

Kompas.com - 07/11/2021, 14:22 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dianggap penting karena berhasil mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur Pantai Utara (Pantura).

Dibangun sepanjang 116,74 kilometer, Cipali telah menjadi jalan bebas hambatan berbayar terpanjang yang menjadi bagian ruas Tol Trans-Jawa.

Karena panjangnya tol inilah membuat Cipali menjadi titik lelah jaringan Tol Trans-Jawa dari arah barat atau Merak, sehingga berpotensi membuat pengendara lengah dan hilang konsentrasi.

Baca juga: Berapa Kecepatan Maksimum Berkendara di Jalan Tol ?

Akibatnya, kerap terjadi kecelakaan di jalan tol yang dikelola Astra Tol Cipali (PT Lintas Marga Sedaya).

Seperti baru-baru ini, kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di jalan tol yang konsensinya dimiliki oleh Astra Tol Cipali tersebut.

Kali ini, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Prof Ir I Gede Suparta Budisatria meninggal dunia akibat insiden kecelakaan maut yang terjadi Kamis (4/11/2021) dini hari.

Kecelakaan tersebut diketahui terjadi di Tol Cipali Km 113. Di dalam mobil tersebut juga terdapat tiga penumpang lainnya yang kini tengah mendapatkan perawatan.

Pada akhir Oktober lalu, tepatnya Jumat (29/10/2021), terjadi kecelakaan di ruas jalan Tol Cipali, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, dan menyebabkan satu orang tewas dan dua lainnya mengalami luka-luka.

Sebelumnya, mobil travel juga terperosok di parit di Tol Cipali KM 92, Kalijati, Subang, dan menyebabkan satu orang tewas, Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Kecelakaan Maut Kerap Terjadi, Ada Apa dengan Tol Cipali?

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengimbau kepada para pengguna jalan tol untuk memastikan kendaraan dalam kondisi sehat dengan memperhatikan ban, lampu, dan rem berfungsi dengan baik.

"Sebelum memulai perjalanan selalu utamakan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk meminta perlindungan keselamatan di jalan," kata dia dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, Minggu (7/11/2021).

Kemudian, pengemudi juga harus dalam kondisi sehat dan fit saat sedang mengemudi serta diusahakan untuk beristirahat sejenak di tempat istirahat ketika sedang lelah di perjalanan.

Sejauh ini, Astra Tol Cipali telah menyediakan delapan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area, baik tipe A maupun B.

Baca juga: Menilik Aspek Keamanan Tol Jombang-Mojokerto yang Merenggut Nyawa Vanessa Angel

Untuk TIP tipe A, Astra Tol Cipali menyediakan empat lokasi yaitu di KM 102 dan KM 166 arah Palimanan serta KM 101 dan KM 164 arah Jakarta.

Ada delapan fasilitas yang tersedia di TIP tipe A yaitu toilet, kursi dan meja istirahat, mushola, kantin/kafe/restoran.

Lalu, tempat perbelanjaan, Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU), Automatic Teller Machine (ATM), serta lahan parkir dengan kapasitas 700 kendaraan.

Sementara TIP tipe B, Astra Tol Cipali menyediakan di empat lokasi yaitu KM 86 dan KM 130 arah Palimanan serta KM 86 dan KM 130 arah Jakarta.

Terdapat tujuh fasilitas yang tersedia di TIP tipe ini yakni toilet, kursi dan meja istirahat, mushola, kantin/kafe/restoran, tempat perbelanjaan, ATM, serta lahan parkir untuk menampung 70 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com