Jadi Titik Lelah Tol Trans-Jawa, Cipali Sediakan 8 Rest Area, Ini Rinciannya

Kompas.com - 07/11/2021, 14:22 WIB
Arus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYOArus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dianggap penting karena berhasil mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur Pantai Utara (Pantura).

Dibangun sepanjang 116,74 kilometer, Cipali telah menjadi jalan bebas hambatan berbayar terpanjang yang menjadi bagian ruas Tol Trans-Jawa.

Karena panjangnya tol inilah membuat Cipali menjadi titik lelah jaringan Tol Trans-Jawa dari arah barat atau Merak, sehingga berpotensi membuat pengendara lengah dan hilang konsentrasi.

Baca juga: Berapa Kecepatan Maksimum Berkendara di Jalan Tol ?

Akibatnya, kerap terjadi kecelakaan di jalan tol yang dikelola Astra Tol Cipali (PT Lintas Marga Sedaya).

Seperti baru-baru ini, kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di jalan tol yang konsensinya dimiliki oleh Astra Tol Cipali tersebut.

Kali ini, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Prof Ir I Gede Suparta Budisatria meninggal dunia akibat insiden kecelakaan maut yang terjadi Kamis (4/11/2021) dini hari.

Kecelakaan tersebut diketahui terjadi di Tol Cipali Km 113. Di dalam mobil tersebut juga terdapat tiga penumpang lainnya yang kini tengah mendapatkan perawatan.

Pada akhir Oktober lalu, tepatnya Jumat (29/10/2021), terjadi kecelakaan di ruas jalan Tol Cipali, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, dan menyebabkan satu orang tewas dan dua lainnya mengalami luka-luka.

Sebelumnya, mobil travel juga terperosok di parit di Tol Cipali KM 92, Kalijati, Subang, dan menyebabkan satu orang tewas, Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Kecelakaan Maut Kerap Terjadi, Ada Apa dengan Tol Cipali?

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengimbau kepada para pengguna jalan tol untuk memastikan kendaraan dalam kondisi sehat dengan memperhatikan ban, lampu, dan rem berfungsi dengan baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.