Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum "Ngontrakin" Rumah, Anda Wajib Tahu Hal Ini

Kompas.com - 04/11/2021, 08:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila Anda memiliki lebih dari satu rumah dan tidak ingin menjualnya, maka salah satu pilhan yang bisa dilakukan adalah menyewakannya kepada orang lain.

Selain mendapatkan penghasilan tambahan, rumah kedua Anda akan lebih terawat karena sudah ada orang yang mendiami.

Namun sebelum memasang iklan di media sosial, Anda harus menata rumah tersebut terlebih dahulu baik secara finansial maupun fisik.

Baca juga: Beli Rumah Nyicil KPR atau Ngontrak Seumur Hidup? Kenali Plus Minusnya

Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum mulai mencari penyewa seperti dikutip dari Investopedia. 

Asuransikan Rumah

Saat menyewakan properti kepada orang lain, maka secara tidak langsung Anda wajib menjaga keselamatan sang penyewa.

Meskipun lokasi rumah telah berada di lingkungan yang aman, namun kejadian-kejadian tak terduga bisa saja terjadi. Misalnya pohon tumbang atau kebakaran rumah.

Untuk menghindari pengeluaran yang besar untuk memperbaiki properti yang rusak, maka sebagai pemili Anda wajib mempersenjatai rumah Anda dengan polis asuransi. 

Adanya asuransi rumah dapat membuat rumah baik interior maupun eksteriornya termasuk pagar rumah, dilindungi dari kerusakan atau kehilangan.

Renovasi Rumah

Sebelum menyewa rumah, periksa terlebih dulu kondisi rumah Anda apakah ada bagian yang perlu dilakukan perbaikan atau renovasi.

Sama dengan saat menjual properti, saat menyewakannya Anda juga harus menjual rumah yang berada dalam kondisi baik agar lebih menarik perhatian penyewa.

Hal termudah yang bisa Anda lakukan adalah mengecat rumah agar terlihat lebih bersih dan tampak baru. Anda juga bisa mengganti warna cat sesuai dengan tren masa kini.

Kemudian, beberapa furnitur yang sudah ketinggalan sebaiknya diganti asalkan tidak mengeluarkan biaya yang besar. Misalnya mengganti pegangangan lemari di dapur.

Ingat seluruh biaya renovasi ini harus Anda memasukkan ke dalam tarif sewa rumah nantinya. Jadi lakukan renovasi pada bagian yang dirasa penting.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com