Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu, Venisian Open Air Mall Resmi Meluncur di Batam

Kompas.com - 15/09/2021, 15:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - PT Putera Karyasindo Prakarsa (PKP) dan PT Pandan Sari Mustika (PSM) akan meluncurkan Venisian Mall, Sabtu (18/9/2021).

Pusat perbelanjaan ini diklaim sebagai Open Air Mall pertama di Indonesia.

Venisian Mall menempati area seluas 4,7 hektar dan berada di Simpang Empat Franky, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Pimpinan Proyek Venisian Mall Agustine mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 para peritel di mal dengan konsep konvensional menderita karena penurunan tingkat kunjungan yang drastis.

Kondisi ini mendorong PKP untuk merancang mal dengan konsep baru dengan penekanan pada ruang terbuka atau kerap disebut open air mall.

Baca juga: One Avenue Batam Mulai Dibangun, Pekerjaan Struktur Selesai 2022

“Konsep open air mall banyak ditemui di negara-negara Eropa dan Amerika dan menjadi pilihan utama untuk berbelanja di masa pandemi Covid-19,” kata Agustine kepada Kompas.com, Rabu (15/9/2021).

Jumlah mal dengan konsep serba terbuka ini terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan diyakini memiliki masa depan cerah.

Perubahan ini terus berlangsung dan disambut baik para peritel yang tertarik menginvestasikan dananya untuk membuka gerai di mal serba terbuka.

Sebut saja Macy's Chicago yang merupakan department store terbesar dunia telah menutup gerai lama di Water Tower Place Michigan Avenue, kemudian membuka gerai baru di tepi kanal Forth Worth Texas.

Padahal, gerai lama tersebut telah menjadi magnet bagi turis setiap akhir pekan selama setengah abad terakhir.

Berpindahnya peritel besar ini diperkirakan karena harga sewa gedung yang lebih murah serta memiliki banyak ruang terbuka sehingga pengunjung bisa berbelanja dengan nyaman.

Selain itu, potensi untuk peritel meraup keuntungan lebih besar karena masyarakat lebih banyak memilih berkunjung ke open air mall.

Konsep serupa diadopsi Venisian Mall dengan menawarkan sejumlah perbedaan dibanding mal konvensional.

Rendering interior Venetian Open Air Mall BatamPT Putera Karyasindo Prakarsa (PKP) Rendering interior Venetian Open Air Mall Batam
Agustine menyebutkan, perbedaan itu ada pada biaya maintanance yang relatif jauh lebih murah yakni Rp 12.000 per meter persegi per bulan, sementara rata-rata di mal konvensional skeitar Rp 100.000 per meter persegi per bulan.

Kemudian, jam operasional yang lebih lama yakni 24 jam sedangkan di biasa umumnya hanya selama 12 jam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com