Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YLKI Harap Kehadiran Jalan Tol Beri Rasa Keadilan bagi Masyarakat

Kompas.com - 08/09/2021, 16:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) berharap operasional jalan tol di Indonesia dapat memberikan rasa keadilan bagi para pengguna jasa tol.

Hal tersebut disampaikan Anggota Pengurus Harian YLKI Sudaryatmo dalam acara diskusi publik “Reformasi Sistem Transaksi Tol Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan kepada Pelanggan”, Rabu (8/9/2021).

Menurut Sudaryatmo, hal ini harus menjadi perhatian karena telah tertuang dalam Undang-undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

“Berbicara soal keadilan, sampai sekarang masih menjadi pertanyaan apakah memang jalan tol ini sudah memberikan keadilan bagi masyarakat pengguna, baik soal tarif hingga kondisi jalan tol,” kata dia.

Baca juga: Penerapan Sistem Transaksi Tol Non-stop MLFF Mulai Uji Coba 2022

Konsumen juga berharap agar jalan tol harus memberikan spesifikasi dan pelayanan yang lebih tinggi dibandingkan jalan umum lainnya karena menerapkan sistem berbayar.

Jalan tol juga harus bisa memberikan rasa aman, nyaman, serta memiliki waktu tempuh yang lebih pendek dan efisien bila dibandingkan dengan jalan arteri.

“Soal efisiensi ini, sudah sering disebut oleh pihak pengelola jalan tol. Karena itu, dalam sistem harus menjadi perhatian karena masyarakat tidak ingin merasa sulit saat menggunakan fasilitas teersebut,” papar Sudaryatmo.

Dalam kesempatan tersebut, Sudaryatmo mengapresiasi upaya Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang sudah memulai konstruksi transaksi tol menuju Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

MLFF ini merupakan transaksi pembayaran tol yang dilakukan dalam kecepatan normal dengan menggunakan teknologi nirsentuh.

BPJT bahkan telah memulai pelaksanaan konstruksi MLFF pada tahun 2021 dan akan memulai  implementasinya secara bertahap dimulai pada tahun 2022. 

“Kami melihat bahwa MLFF ini merupakan salah satu upaya mewujudkan rasa keadilan dalam penyelenggaraan jalan tol khususnya bagi para pengguna tol,” terang Sudaryatmo.

Dengan hadirnya sistem MLFF, Sudaryatmo pun berharap penyelenggaraan jalan tol khususnya soal transaksi bisa semakin efisien serta bisa meningkatkan mutu layanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com