Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Tak Larang Mudik, Hutama Karya Antisipasi Lonjakan Kendaraan 50 Persen

Kompas.com - 18/03/2021, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati masih dalam suasana pandemi Covid-19, pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2021.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan hal tersebut dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021).

Lampu hijau mudik Lebaran 2021 ini diantisipasi badan usaha jalan tol (BUJT) dengan menyiapkan layanan optimal dan memastikan keamanan, kenyamanan serta keselamatan pengguna tol.

PT Hutama Karya (Persero) selaku BUJT, contohnya, yang mengelola Jalan Tol Trans-Sumatera, Tol JORR S Pondok Pinang-Kampung Rambutan-Jagorawi, dan Tol Akses Tanjung Priok, juga telah mempersiapkan beberapa langkah antisipatif.

Baca juga: Jumlah Kendaraan Lintasi Tol Trans-Sumatera Naik 20,34 Persen

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto mengatakan, perusahaan akan tetap mengikuti arahan dari pemerintah terkait diperbolehkannya Mudik Lebaran tahun 2021 dengan tetap menerapkan protokol Covid-19 yang ketat.

Dari sisi operasional, di seluruh ruas tol yang dikelola oleh Hutama Karya, perusahaan juga mewajibkan seluruh petugas tol menggunakan masker, faceshield, sarung tangan, dan manset dalam bekerja melayani pengguna jalan.

Gerbang Tol (GT) Dumai Tol Pekanbaru-Dumai.Dok. PT Hutama Karya (Persero). Gerbang Tol (GT) Dumai Tol Pekanbaru-Dumai.
"Selain itu, kami juga menyediakan handsanitizer dan tempat cuci tangan di kantor cabang dan rest area, serta melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin baik di gerbang tol, gedung kantor hingga rest area," ujar Budi kepada Kompas.com, Rabu (17/03/2021).

Hutama Karya juga akan melakukan pembagian takjil dan operasi simpatik pembagian kopi dan snack kepada pengguna jalan pada saat momen mudik.

Baca juga: Terus Dikebut, Konstruksi 5 Ruas Tol Trans-Sumatera Rampung 2021

Sementara dalam mengantisipasi dan mempersiapkan adanya lonjakan volume lalu lintas pada saat momen Lebaran 2021, Hutama Karya berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal, baik dari sisi fasilitas dan pelayanan dengan memenuhi standar pelayanan minimal (SPM) yang berlaku.

Meningkat 50 persen

Hutama Karya memprediksi akan ada peningkatan volume lalu lintas hingga lebih dari 50 persen dibandingkan dengan Lebaran 2020 karena adanya larangan mudik dan penyekatan pada Lebaran 2020.

Tahun lalu, terdapat 613.395 kendaraan yang melintas Jalan Tol Trans-Sumatra hingga sepekan setelah Lebaran pada Senin (01/06/2020).

Rest Area KM 215 Tol Terpeka.Dok. PT Hutama Karya (Persero). Rest Area KM 215 Tol Terpeka.
Angka ini merupakan akumulasi arus kendaraan yang masuk dan keluar Jalan Tol Trans-Sumatra di ruas tol yang sudah operasional sepenuhnya maupun yang masih fungsional yaitu melalui gerbang tol (GT) Bakauheni Selatan di ruas tol Bakauheni–Terbanggi Besar (Bakter), GT Kayu Agung di ruas tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung (Terpeka).

Kemudian, GT Palembang dan GT Indralaya di ruas tol Palembang–Indralaya (Palindra), GT Binjai dan GT Helvetia di ruas tol Medan–Binjai (Mebi), GT Pekanbaru dan GT Minas di ruas tol Pekanbaru–Dumai (Permai) Seksi 1.

Baca juga: Beredar Kabar Tol Padang-Sicincin Disetop, Hutama Karya Angkat Suara

Lonjakan volume lalu lintas ini bakal terjadi selain didorong oleh lampu hijau mudik Pemerintah, juga pemotongan cuti bersama dari sebelumnya empat hari menjadi tiga hari yakni dari 17 Mei hingga 19 Mei 2021.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com