Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Raup Omzet Rp 16 Miliar, Ruben Onsu Catatkan Rekor Baru Shopee Live pada Puncak Kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day

Kompas.com - 13/09/2023, 12:01 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pembawa acara sekaligus pengusaha ternama Indonesia, Ruben Onsu, sukses mencatatkan omzet hingga Rp 16 miliar di Shopee Live saat puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day, Sabtu (9/9/2023). Capaian tersebut menjadi rekor baru penjualan live shopping di Shopee Live.

Sebelumnya, Ruben juga pernah mencetak rekor di Shopee Live dengan menjual lebih dari 100.000 produk hanya dalam satu hari.

Keberhasilan Ruben memecahkan rekor tidak terlepas dari kemampuan suami selebritas Sarwendah tersebut dalam memandu acara dan mempromosikan produk. Pengalamannya selama puluhan tahun sebagai pemandu acara ternama berperan dalam menghidupkan suasana sepanjang sesi live shopping di Shopee Live.

Sambil mempromosikan produk dengan harga terbaik, Ruben tidak segan berinteraksi langsung dengan pengguna Shopee. Sesi live shopping pada puncak Shopee 9.9 Super Shopping Day itu semakin ramai berkat tanya jawab interaktif antara Ruben dan penonton.

Untuk diketahui, pada sesi live shopping di akun @ruben_onsu itu, Ruben mempromosikan berbagai jenis produk, mulai dari perawatan tubuh, sabun cuci, hingga perlengkapan dapur.

Ruben pun berterima kasih kepada seluruh pengguna setia Shopee yang telah meramaikan puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day.

"Berkat kalian nih, di puncak Shopee 9.9 Super Shopping Day kemarin sesi live streaming @ruben_onsu di Shopee Live berhasil mencatat rekor baru dengan sukses meraih omzet hingga Rp16 miliar. Gokil banget Sobat Shopee. Kalian memang paling keren Sobat Shopee, Rp16 miliar, enggak main-main! Makanya dapatkan terus Diskon 50% untuk semua produk di Shopee Live. Shopee Live paling murah di Shopee!” ucap Ruben.

Pembawa acara sekaligus pengusaha ternama Indonesia, Ruben Onsu, sukses mencatatkan omzet hingga Rp 16 miliar di Shopee Live saat puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day, Sabtu (9/9/2023). Tangkapan layar akun Instagram @ruben_onsu Pembawa acara sekaligus pengusaha ternama Indonesia, Ruben Onsu, sukses mencatatkan omzet hingga Rp 16 miliar di Shopee Live saat puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day, Sabtu (9/9/2023).

Capaian lain Shopee Live

Selain rekor omzet baru yang diraih Ruben Onsu, Shopee juga mencatatkan sejumlah capaian lain pada puncak kampanye 9.9 Super Shopping Day.

Salah satu capaian yang diraih Shopee adalah peningkatan penjualan produk 30 kali lipat melalui fitur Shopee Live. Selain penjualan, antusiasme masyarakat menyaksikan Shopee Live juga meningkat. Shopee Live tercatat ditonton 7 kali lipat lebih banyak pada puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day jika dibandingkan hari biasa.

Berbagai jenama lokal yang ikut memanfaatkan fitur Shopee Live di puncak Shopee 9.9 juga berhasil meningkatkan jumlah penjualan mereka.

Contohnya, merek kecantikan BHUMI. Jenaman ini berhasil meningkatkan transaksi penjualan hingga 27 kali lipat. Ada juga brand fesyen pria, Geoff Max, yang mencatat peningkatan transaksi hingga 130 kali lipat ketimbang hari biasa.

Baca juga: Shopee Live Sukses Tingkatkan Penjualan Lebih dari 30 Kali Lipat di 9.9 Super Shopping Day

Adapun antusiasme tinggi pengguna Shopee pada puncak kampanye 9.9 tersebut dipengaruhi oleh sejumlah promo menggiurkan, mulai dari promo Shopee Live Semua Diskon 50% 24 Jam, Gratis Ongkir RP0 Semua Toko, hingga Flash Sale Mobil 9RB.

Tak hanya mobil, pada momen tersebut, Shopee juga menawarkan berbagai produk menarik seharga Rp 9.000 pada Flash Sale Shopee 9.9 Super Shopping Day, seperti smartphone, produk kecantikan, dan peralatan rumah tangga.

Fitur live shopping pilihan

Minat pengguna yang tinggi pada Shopee Live saat puncak kampanye 9.9 semakin mengukuhkan posisi fitur live shopping tersebut sebagai pilihan masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, riset “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang dilakukan Populix pada Mei 2023 menyebutkan bahwa Shopee Live merupakan platform live shopping paling disukai masyarakat.

Sebanyak 69 persen responden Populix memilih Shopee Live sebagai brand used most often (BUMO) atau brand dengan fitur live shopping yang paling sering digunakan. Kemudian, ada TikTok Live yang dipilih 25 persen responden.

Baca juga: Deretan Bintang, dari Ruben Onsu, Sarwendah, hingga Aurel, Catatkan Omzet Fantastis di Shopee Live 24 Jam Nonstop Saat Puncak Kampanye 9.9

Studi itu juga menyebut bahwa 60 persen responden memilih Shopee Live sebagai brand top of mind (TOM) alias yang paling diingat masyarakat Indonesia. Sementara itu, TikTok Live mendapatkan 30 persen suara.

Dari sisi pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee meraih suara tertinggi selama enam bulan terakhir, yakni 56 persen. Angka ini melampaui para pesaingnya, salah satunya TikTok Live dengan persentase 30 persen.

Shopee Live juga menduduki peringkat pertama dari sisi pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue) dengan mencatatkan nilai terbesar, yaitu 54 persen. Kemudian, ada TikTok Live yang meraih 31 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com