Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Pemuda Asal Tasikmalaya Ini Berhasil Bawa Pulang Avanza Seharga Rp 9.000 di Live Streaming Flash Sale Shopee Live

Kompas.com - 11/09/2023, 18:20 WIB
Hotria Mariana,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Bak ketiban durian runtuh. Peribahasa ini begitu tepat untuk menggambarkan Endang Nurdin yang berhasil membeli Toyota Avanza seharga Rp 9.000 lewat Flash Sale Mobil 9RB di Shopee Live yang berlangsung pada Sabtu (9/9/2023) pukul 21.30 WIB.

Toyota Avanza bertipe 1.3 E M/T itu dilengkapi dengan fitur-fitur ciamik. Contohnya, 7 seater MPV dan Toyota Safety Sense, Hill Start Assist (HSA), dan enam unit supplementary restraint system (SRS) airbag. Di pasaran, kendaraan ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 235 juta.

Mendapat mobil dengan harga supermiring, pria asal Desa Sukapada, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, itu pun mengaku terharu dan bersyukur. Perasaan ini ia sampaikan melalui sambungan panggilan video yang dipandu Sarwendah ketika live streaming Flash Sale Shopee Live berlangsung di toko @Sarwendahofficial.

“Aku berasa (seperti) mimpi sih kak, enggak menyangka banget itu (mobil) bisa dapat,” ucap Endang Nurdin kepada Sarwendah.

Endang mengaku telah membuka laman live streaming Shopee Live sejak pukul 8 malam, tepat satu setengah jam sebelum Flash Sale Mobil 9RB di Shopee Live dimulai.

“Tadi stay dari jam 8 di Shopee Live,” ujarnya.

Tentu saja, Endang harus bersaing dengan ratusan ribu hunters lainnya yang juga mengincar mobil murah tersebut. Menurut data dari Shopee, sebanyak 180.000 penonton secara bersamaan mengikuti momen Flash Sale 9RB Mobil Toyota Avanza.

Keberhasilan Endang pun viral di media massa dan menarik atensi sejumlah pesohor. Dok. istimewa Keberhasilan Endang pun viral di media massa dan menarik atensi sejumlah pesohor.

Keberhasilan Endang pun menjadi viral di media sosial. Banyak netizen memberikan ucapan selamat. Sebagian dari mereka pun berharap keberuntungan serupa bisa terjadi pada mereka.

Tidak hanya itu, ucapan selamat juga datang dari sejumlah pesohor.

Ini dia pemenang mobil 9rb pas aku ?ash sale di Shopee Live kemarin Selamat ya! Semoga hoki-nya nular ke semua orang,” tulis Sarwendah lewat unggahan pada akun Instagram pribadinya, @sarwendah29.

MANTAAAAP!! Selamat untuk masnya bisa beli mobil 9 RB di Shopee Live! Ikut happy lihatnya,” tulis Ruben Onsu dilansir dari Instagram @ruben_onsu.

Wihhh masbroo selamat ya.. gokil pertama kali nih Shopee Live bisa beli mobil cuma 9RB.. top mantab is the best,” tulis Ra? Ahmad melalui akun Instagramnya @ra?nagita1717.

Shopee Live paling diminati

Kejadian fenomenal tersebut tak lepas dari keunggulan fitur Shopee Live. Selain itu, Shopee Live juga menjadi live streaming yang paling banyak dipilih masyarakat.

Hal tersebut terungkap dalam hasil riset Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia”. Sebanyak 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan atau brand used most often (BUMO). Angka ini mengungguli TikTok Live yang hanya meraih suara 25 persen.

Secara keseluruhan, riset itu juga menemukan bahwa Shopee menduduki porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi.

Pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee sukses mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi atau 56 persen. Angka ini lebih tinggi daripada TikTok Live yang hanya 30 persen.

Sementara, pada kategori pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan pasar nilai transaksi terbesar, yakni 54 persen. Angka ini melampaui TikTok Live yang hanya meraih 31 persen.

Selain itu, tercatat juga bahwa 60 persen responden menyebut Shopee Live sebagai merek top of mind (TOM). Istilah ini merujuk pada hal yang pertama kali muncul di benak ketika berbicara terkait live shopping di Indonesia. Lagi-lagi, perolehan ini melebihi TikTok Live (30 persen).

Jadi, tunggu apa lagi? Segera saksikan live streaming Shopee Live dan jadilah pemenang di Flash Sale berikutnya! Siapa tahu, Anda bisa menjadi orang berikutnya yang membawa pulang mobil impian dengan harga Rp 9.000 saja!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com