Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coachella Kena Denda Rp 450 Juta karena Penampilan Lana Del Rey

Kompas.com - 23/04/2024, 21:06 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Festival musik Coachella terkena denda sekitar 28.000 dolar atau setara Rp 450 juta, karena penampilan penyanyi Lana Del Rey melebihi waktu yang dijadwalkan.

Sanksi tersebut diajukan kepada penyelenggara festival menyusul headline penyanyi tersebut di acara Indio pada Jumat (19/4/2024) lalu, di mana ia menyelesaikan penampilannya 13 menit dari waktu yang ditentukan.

Berita tersebut pertama kali dilaporkan TMZ pada hari Senin (22/4/2024), dan perwakilan kota tersebut kemudian mengkonfirmasi kepada publikasi tersebut bahwa penyelenggara acara harus membayar karena tidak adanya batas waktu.

Baca juga: Baru Pulih dari Radang Tenggorokan Sebelum Tampil di Coachella 2024, Lana Del Rey Kecam Mantan Manajer

Ini bukan pertama kalinya orang-orang yang berada di belakang festival ikonik di California ini terkena denda.

Seperti yang disoroti US Weekly, denda yang dikumpulkan karena pelanggaran jam malam selama akhir pekan pertama edisi 2024 (12-14 April) berjumlah sekitar 117.000 dolar atau setara Rp 1,9 miliar.

Hal ini terjadi karena banyaknya kelompok yang menyalahgunakan batas waktu jam malam selama akhir pekan – pukul 01.00 pada hari Jumat dan Sabtu, dan tengah malam pada hari Minggu.

Baca juga: Sakura LE SSERAFIM Komentari Penampilan Grupnya di Coachella 2024

Coachella melewatkan jam malam selama tiga malam tersebut. Pada hari Jumat, durasinya mencapai 25 menit, pada hari Sabtu, durasinya terlewat 22 menit, dan pada hari Minggu, durasinya selesai sebelum pukul 12:30.

Pada Juni 2023, penyanyi-penulis lagu “Video Games” juga mengalami masalah serupa dengan penampilannya di Glastonbury, di mana dia terlambat datang ke panggung dan kemudian dihentikan karena melanggar jam malam.

Selain Lana Del Rey, Coachella 2024 dibintangi Tyler, The Creator dan Doja Cat, serta menampilkan dua set reuni spesial dari No Doubt.

Baca juga: Debut di Coachella Tuai Kritik, Sakura LE SSERAFIM: Standar Orang Beda-beda

Penampil lain tahun ini termasuk Blur, Ice Spice, Grimes, Sabrina Carpenter, Peso Pluma, J Balvin, Khruangbin, Jhené Aiko, Lil Uzi Vert, Justice, Deftones, Sublime, Jungle, Dom Dolla, Bleachers, Peggy Gou, LE SSERAFIM dan banyak lagi .

Akhir pekan pertama Coachella diganggu oleh berbagai masalah suara, sehingga artis seperti Lana Del Rey hampir tidak terdengar, sementara Grimes menghadapi banyak masalah teknis selama set DJ-nya yang membuatnya berteriak frustrasi.

Baca juga: Penampilannya di Coachella Banjir Kritik, Sakura Le Sserafim: Tidak Ada Orang yang Sempurna

Sementara akhir pekan kedua tampaknya berjalan jauh lebih baik, Kid Cudi – yang diumumkan sebagai tambahan di menit-menit terakhir – harus mengakhiri setnya lebih awal dari yang diharapkan setelah kakinya patah saat melompat keluar panggung untuk lebih dekat dengan teman-temannya.

Penampilan LE SSERAFIM di Coachella 2024 juga menuai kontroversi dan kritikan.

LE SSERAFIM dinilai tampil buruk dan tidak mampu menunjukkan kualitas vokal mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com