Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2024, 15:02 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas merupakan perlengkapan rumah dapur yang fungsinya sangat penting. Kulkas digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan agar lebih tahan lama. 

Tak hanya itu, kulkas juga terkadang digunakan untuk menyimpan sisa makanan. Banyaknya barang yang disimpan di dalam kulkas, seringkali membuat kulkas cepat kotor dan bau. 

Baca juga: Kulkas Bau meski Tak Ada Makanan Busuk? Ini 5 Penyebabnya

Selain disebabkan oleh bahan-bahan yang disimpan di dalam kulkas, aroma tak sedap dari dalam kulkas juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk yang selalu dilakukan. 

Dikutip dari Real Simple, Senin (13/5/2024), berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan kulkas bau

Menyimpan makanan rusak di dalam kulkas

Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas.Shutterstock/Zhane Luk Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas.

Salah satu penyebab kulkas bau yaitu menyimpan makanan yang rusak atau busuk di dalam kulkas. Remah-remah makanan, makanan kadaluarsa, dan makanan yang rusak bisa membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap. 

Maka dari itu, pastikan untuk rutin mengecek kondisi bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas. Jika ada makanan yang sudah tidak layak makan, segeralah untuk menyingkirkannya agar tidak menyebabkan bau di dalam kulkas. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyimpan Daging di Kulkas

Tidak rutin membersihkan kulkas

Selanjutnya, kebiasaan buruk yang menyebabkan kulkas bau yaitu tidak rutin membersihkan kulkas. Lemari es sebaiknya dibersihkan seminggu sekali agar tidak ada kotoran yang membandel dan menimbulkan bau tak sedap. 

Selain menghindari bau, rutin membersihkan kulkas juga membuat bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas lebih awet dan terjaga kualitasnya. 

Tidak segera membersihkan noda

Jika ada noda yang tumpah, sebaiknya segera dibersihkan. Kathy Cohoon, manajer di Two Maids mengatakan bahwa tumpahan yang tidak segera dibersihkan bisa menyebabkan bau tak sedap. 

Noda tumpahan tersebut bisa dibersihkan menggunakan kain. Lalu, semprotkan pembersih khusus untuk menghilangkan residu dan lap lagi dengan kain kering dan bersih. 

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Kulkas Secara Menyeluruh, Bikin Makin Dingin

Tidak mengganti soda kue

Soda kue merupakan pengharum kulkas alami. Namun, manfaatnya dalam menyerap bau akan hilang seiring berjalannya waktu. 

Maka dari itu, soda kue yang diletakkan di dalam kulkas perlu rutin diganti setidaknya sebulan sekali. Soda kue yang sudah digunakan untuk menghilangkan bau di kulkas tidak boleh digunakan kembali, jadi setelah diganti harus segera dibuang. 

Menyimpan makanan menggunakan wadah plastik

Baking soda untuk menghilangkan bau di kulkasShutterstock/ThamKC Baking soda untuk menghilangkan bau di kulkas

Menyimpan makanan menggunakan wadah plastik ternyata bisa menyebabkan bau tak sedap di dalam kulkas. 

Dibandingkan menggunakan wadah plastik, lebih baik simpan makanan di dalam wadah kaca. Sebab, wadah kaca lebih mampu menahan bau dan menjaga kesegaran makanan yang disimpan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas Secara Menyeluruh

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan kulkas bau. Hindari kebiasaan tersebut agar kulkas di rumah tidak bau dan makanan yang disimpan di dalam kulkas menjadi lebih awet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com