Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2024, 09:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan ruangan penting di dalam rumah. Dibandingkan dengan ruangan lain, kebersihan dapur menjadi prioritas utama. 

Sebab, ruangan ini digunakan untuk menyiapkan makanan dan terkadang untuk menyantap makanan. Maka dari itu, dapur harus selalu bersih agar makanan yang dihidangkan berkualitas dan higienis. 

Baca juga: 3 Alat Kebersihan yang Wajib Ada di Rumah untuk Menghilangkan Alergi

Untuk menjaga kebersihan dapur, ada beberapa alat kebersihan yang harus tersedia di ruangan tersebut. Dikutip dari Eco Brisbane, Senin (13/5/2024), berikut beberapa alat kebersihan yang harus ada di dapur

Kain mikrofiber

Ilustrasi kain mikrofiber.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kain mikrofiber.

Kain mikrofiber wajib ada di dapur karena daya serapnya tinggi dan bersifat non abrasif, sehingga bisa digunakan untuk membersihkan permukaan meja maupun perlengkapan dapur. 

Tidak seperti kain lap biasa, bahan mikrofiber bisa menarik dan menahan kotoran. Selain itu, kain mikrofiber juga bisa digunakan berulang kali, sehingga lebih ramah lingkungan. 

Baca juga: 6 Benda di Rumah yang Cocok Dibersihkan Pakai Kain Mikrofiber

Sabut gosok

Selain kain mikrofiber, sabut gosok serbaguna juga menjadi salah satu alat kebersihan yang harus ada di dapur. 

Sabut gosok bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel di permukaan alat masak. Biasanya sabut gosok memiliki dua sisi. 

Sisi yang kasar bisa mengikir kotoran yang mengeras, dan sisi lembut bisa digunakan untuk membersihkan noda yang tidak membandel. 

Sikat scrub

Sikat scrub yang bisa diperpanjang merupakan alat kebersihan inovatif yang fungsinya sangat penting. Sikat scrub bisa digunakan untuk membersihkan area yang sulit dijangkau. 

Jika ingin membersihkan dapur dengan sikat ini, maka carilah sikat scrub yang bulunya tahan lama dan pegangan ergonomis agar proses pembersihan lebih nyaman dan efisien. 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Scrub Pembersih Bak Mandi

Pembersih uap

Alat pembersih uap kini semakin populer. Alat ini bisa mampu membersihkan dan mensanitasi dapur tanpa menggunakan bahan kimia keras. 

Ilustrasi membersihkan dapur menggunakan sarung tanganShutterstock/Stock-Asso Ilustrasi membersihkan dapur menggunakan sarung tangan

Alat pembersih uap bisa digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan, termasuk kompor, ubin, dan nat. Pembersih uap juga sangat efektif untuk menghilangkan bakteri dan alergen yang berbahaya bagi kesehatan. 

Sarung tangan sekali pakai

Terakhir, alat kebersihan yang harus ada di dapur yaitu sarung tangan sekali pakai. Alat kebersihan ini digunakan untuk melindungi tangan dari bahan kimia dan mencegah penyebaran kuman. 

Sarung tangan sekali pakai juga bisa digunakan saat memotong daging mentah atau saat membersihkan tumpahan. Pilihlah sarung tangan yang biodegradable, sehingga lebih ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com