Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal Pertama yang Diperhatikan Tamu di Dapur Anda, Apa Saja?

Kompas.com - 03/05/2024, 07:14 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Entah Anda menginginkannya atau tidak, anggota keluarga dan teman selalu menemukan jalan mereka ke dapur.

Entah ingin ngemil atau minum atau mungkin mereka tidak ingin Anda sendirian saat memasak. Apapun alasannya, dapur masa kini tidak hanya menjadi ruang fungsional, tapi sekarangini dianggap sebagai pusat rumah, bahkan menyambut tamu.  

Baca juga: 5 Barang yang Harus Disingkirkan dari Dapur Saat Tamu Datang

Dengan mengingat hal itu, Anda pasti ingin memastikan dapur meninggalkan kesan baik saat menjamu serta berkumpul bersama keluarga, teman, atau tamu. 

Untuk mengetahui ke mana Anda harus mengarahkan upaya, kami berkonsultasi dengan para ahli desain interior mempelajari hal pertama yang diperhatikan tamu di dapur Anda dilansir Best Life Online, Jumat (3/5/2024).

Terdapat tempat untuk berbaur

Ilustrasi dapur putih yang mewahShutterstock/Allison J. Hahn Ilustrasi dapur putih yang mewah
Ada sesuatu menarik tentang dapat bercengkerama di dapur sambil mengisi ulang anggur atau menikmati hidangan pembuka.

Namun, jika orang merasa harus segera keluar dari dapur, ini bisa menjadi hal tidak menyenangkan.

Yasmine El Sanyoura, perancang rumah di situs web real estate, Opendoor, mengatakan para tamu menyadari jika tidak ada tempat jelas untuk dituju. 

Mengukir tempat yang ditujukan untuk tamu di dapur bisa sangat membantu. Tergantung pada dapur Anda, ini bisa sesederhana menyiapkan tempat minum di tepi meja, papan charcuterie kecil dikitchen island, atau beberapa mangkuk keripik di meja terdekat.

"Biarkan tamu tahu bahwa mereka dipersilakan untuk tinggal sebentar," kata Yasmine. 

Baca juga: 5 Barang Murah yang Membuat Teras Lebih Nyaman

Bau

Selanjutnya, hal pertama yang diperhatikan tamu di dapur Anda adalah bau.

Anda mungkin pernah mendengar trik real estate yang mengatakan memanggang kue sebelum acara open house dapat membantu menarik pembeli dan logika itu juga berlaku untuk menerima tamu.

“Sebelum mencapainya, para tamu akan mengetahui keadaan dapur Anda hanya dari aroma yang berasal,” ucap Lily Will, pendiri dan CEO Ever Wallpaper.

Tentu saja, Anda ingin membuang sampah (dan tidak menunggu sampai sebelum tamu datang karena bau dapat bertahan lama), tapi  juga ingin memastikan tidak ada beberapa bau yang menyerang tamu. 

“Apakah Anda sedang memasak hidangan unik, memanggang sesuatu yang gurih, atau melakukan sesi bersih-bersih yang intens, dapur dapat membuat tamu kewalahan dengan terlalu banyak bau,” ujar El Sanyoura. 

Baca juga: 11 Barang yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Air, Bisa Kebakaran

Untuk menciptakan aroma yang mengundang, El Sanyoura merekomendasikan penggunaan tisu pembersih beraroma jeruk atau semprotan meja beraroma.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com