Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Bahan yang Dapat Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Sepatu

Kompas.com - 02/05/2024, 22:07 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepatu sering digunakan setiap harinya dan dapat mengeluarkan bau tak sedap. Hal ini tentu dapat mengurangi kepercayaan diri serta membuat tidak nyaman dikenakan.

Bau tidak sedap pada sepatu dapat disebabkan banyak faktor, salah satunya keringat dan bakteri yang menumpuk di dalam sepatu. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sepatu Putih agar Tidak Menguning

Dalam beberapa kasus, penyakit kaki yang kronis dapat menyebabkan bau pada sepatu dan hal ini harus ditangani ahli penyakit kaki.

Untungnya, bau pada sepatu dapat dihilangkan dengan bahan-bahan yang sering ditemui di rumah.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Kamis (2/5/2024), berikut sejumlah bahan yang dapat menghilangkan bau tidak sedap dari sepatu.

Baking soda

Ilustrasi baking soda dan cuka untuk menghilangkan karat. SHUTTERSTOCK/TY LIM Ilustrasi baking soda dan cuka untuk menghilangkan karat.
Baking soda dapat membersihkan banyak permukaan dan menyerap bau dengan sangat baik. Untuk menghilangkan bau pada sepatu, cukup taburkan sedikit baking soda kue di dalamnya dan diamkan semalaman.

Pada pagi hari, kibaskan sepatu secara menyeluruh sebelum memakainya kembali. Anda bisa membuat pewangi yang lebih ampuh dengan menggabungkan baking soda dan baking powder, tepung maizena, dan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda.

Bagi campuran ke dalam dua penyaring kopi yang tidak terpakai, ikat ujungnya, dan masukkan ke setiap sepatu. Biarkan baking soda bekerja semalaman dan Anda akan terbangun karena baunya jauh lebih enak dari sebelumnya. 

Baca juga: 5 Ide Tempat Penyimpanan Sepatu di Ruangan Sempit

Cuka

Ilustrasi cuka putih.Shutterstock/Pat_Hastings Ilustrasi cuka putih.
Selanjutnya, bahan yang dapat menghilangkan bau tidak sedap dari sepatu adalah cuka. Untuk memanfaatkannya, campurkan cuka dan air dengan perbandingan sama ke dalam botol semprot, lalu oleskan larutan tersebut ke bagian dalam sepatu yang berbau.

Pastikan sepatu sudah benar-benar kering sebelum dipakai kembali dan ulangi prosesnya sesering yang diperlukan.

Salah satu pertimbangan keamanan yang perlu diingat adalah cuka tidak boleh dicampur dengan pemutih karena akan menghasilkan asap beracun.

Jadi, jika Anda baru saja menggunakan pemutih untuk membersihkan bagian luar sol sepatu, misalnya, jangan gunakan cuka sebagai pewangi. 

Baca juga: Cara Mencuci Sepatu Pakai Tangan dan Mesin Cuci

Cahaya matahari

Biarkan sepatu di luar ruangan hingga kering setelah menggunakan metode cuka atau alkohol agar bau sedap di sepatu benar-benar hilang.

Kelembapan dari keringat atau cuaca merupakan salah satu penyebab utama bau sepatu. Hangatnya sinar matahari akan membantu mengeringkan sepatu lebih cepat.

Selain itu, sinar UV bertindak sebagai pewangi alami sehingga Anda mendapatkan hasil maksimal tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Sepatu Boots Kulit dan Membuatnya Tampak Baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com