Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Abu Rokok Bermanfaat untuk Tanaman? Ini Jawabannya

Kompas.com - 26/02/2024, 07:16 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia kebun atau taman, para pencinta tanaman selalu mencari cara berkelanjutan dan hemat biaya untuk menyuburkan tanaman. 

Salah satu bahan penyubur tanaman adalah abu rokok, yang disebut-sebut beberapa orang mengandung nutrisi bermanfaat. 

Baca juga: Manfaatkan Abu Rokok untuk Mengusir Hama pada Tanaman

Namun, tak sedikit orang yang menyebut abu rokok tidak aman untuk tanaman. Hal ini karena mengandung bahan-bahan yang tidak baik bagis kesehatan dan pertumbuhan tanaman, seperti nikotin, logam berat, dan karbon dioksida. 

Lantas, apakah abu rokok bermanfaat untuk tanaman

Dilansir dari The Ace Gardener, Senin (25/2/2024), rokok atau abu rokok mengandung sejumlah kecil kalium, fosfor, potasium, dan elemen yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. 

Namun, abu rokok juga mengandung zat berbahaya, seperti logam berat dan alkaloid beracun. Artinya, abu rokok ebih banyak kerugian daripada manfaatnya bagi tanaman.  

Baca juga: Catat, Ini 8 Tanaman Hias Beracun yang Banyak Ditanam di Rumah

Ilustrasi abu rokok.Shutterstock/StepanPopov Ilustrasi abu rokok.
Dalam laman E-how, menyebut bahwa tembakau mengandung logam berat dan bahan kimia lainnya, yang dapat meracuni makhluk yang memakan puntung rokok tembakau yang dibuang.

Unsur-unsur beracun ini juga larut ke dalam tanah dan air. Konsentrasi unsur-unsur yang tidak diinginkan mengubah keseimbangan kimia dan keasaman tanah sehingga mempengaruhi kesehatan tanaman yang tumbuh di dalam tanah.

Bahan paling berbahaya dalam abu rokok, antara lain timbal, nikel, titanium, dan seng, yang dilepaskan dengan cepat ke dalam tanah dan air dalam konsentrasi yang kuat.

Bahan-bahan barium, strontium, mangan, dan besi hilang secara bertahap selama berminggu-minggu. 

Baca juga: Catat, 5 Hal yang Dibutuhkan Tanaman agar Tumbuh Maksimal

Jika abu rokok ditambahkan ke dalam tanah, hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat pH tanah secara signifikan, yang pada gilirannya mengganggu kesehatan dan pertumbuhan tanaman.

Selain itu, penggunaan abu rokok secara terus-menerus dalam perawatan tanaman dapat menyebabkan penumpukan bahan kimia berbahaya di dalam tanah sehingga meningkatkan risiko stres pada tanaman, bahkan kematian.

Selain itu, kontaminan dapat masuk ke rantai makanan sehingga menimbulkan potensi ancaman bagi manusia dan hewan yang mengonsumsi tanaman tersebut atau produk sampingannya.

Baca juga: Catat, 5 Hal yang Dibutuhkan Tanaman agar Tumbuh Maksimal

Maka itu, hindari memberikan tanaman abu rokok. Sebaliknya, menyediakan nutrisi penting bagi tanaman, seperti kompos dan pupuk organik.

Begitu pun abu rokok tidak bermanfaat bagi tanaman di dalam ruangan. Zat-zat buruk dalam rokok dapat menjadi racun bagi tanaman dalam ruangan sehingga menyebabkan gangguan pertumbuhan serta potensi stres. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com