Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias Beracun yang Harus Diwaspadai di Rumah, Apa Saja?

Kompas.com - 15/02/2024, 16:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias telah lama digunakan sebagai dekorasi di dalam ruangan. 

Membawa tanaman hias ke dalam rumah tak hanya mempercantik ruangan, tetapi juga memberi kesegaran dan beberapa tanaman memiliki kemampuan membersihkan udara di rumah.  

Baca juga: Catat, Ini Kesalahan Merawat Tanaman dan Cara Menghindarinya

Sayangnya, sebelum memasukan tanaman hias ke ruangan, Anda perlu berhati-hati dan memeriksanya. Pasalnya, banyak di antaranya yang ternyata beracun, bahkan tanaman ini sering kali menjadi favorit. 

Selama ribuan tahun, beberapa tanaman telah mengembangkan senyawa kimia untuk mencegah predator memakannya. Inilah menjadi alasan mengapa tanaman beracun

“Membawa tanaman dari alam ke rumah dan lanskap kita tidak membuat tanaman tersebut kehilangan fungsinya,” kata Justin Hancock, ahli hortikultura di Costa Farms. 

Jadi, sangat membantu mengetahui tanaman mana yang berpotensi berbahaya bagi kita dan hewan peliharaan di rumah.  

Bagi banyak tanaman beracun, menyentuhnya tidak menyebabkan iritasi kulit. Namun, tetap lebih aman menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Namun, jika tak sengaja menelannya, ini bisa menyebabkan risiko keracunan, seperti mual dan muntah hingga kematian. 

Dilansir dari Family Handyman, Kamis (15/2/2024), berikut sejumlah tanaman hias beracun yang harus diwaspadai di rumah menurut daftar American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA). 

Baca juga: Cara Stek Batang Tanaman agar Tumbuh dengan Cepat dan Subur

English ivy dan lidah mertua 

Ilustrasi tanaman hias ivy, daun ivy, english ivy.SHUTTERSTOCK/AGAVE STUDIO Ilustrasi tanaman hias ivy, daun ivy, english ivy.
Hancock mengatakan English ivy dan lidah mertua memiliki senyawa kimia yang dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare jika memakannya. 

English dan lidah mertua juga memiliki getah yang dapat menyebabkan ruam. Tanaman hias English ivy juga dapat merusak dinding dan pagar rumah karena akarnya stabil pada retakan.

Ini berbeda dengan tanaman merambat Boston ivy dan Virginia, yang cenderung tidak menggali struktur.

Namun, tanaman English ivy  memiliki manfaat. Beberapa penelitian menunjukkan tanaman English ivy dapat menghilangkan jamur dan kotoran di udara sehingga tanaman ini tetap cocok ditempatkan di rak tinggi, terutama di kamar mandi. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Daunnya Berbentuk Hati, Cantik dan Unik

Ficus 

Selanjutnya, tanaman hias beracun yang harus diwaspadai di rumah adalah ficus. Tanaman ficus, termasuk pohon karet dan daun ara, menghasilkan getah putih yang mengiritasi, menyebabkan dermatitis pada kulit, dan muntah-muntah jika memakannya. 

Ini merupakan masalah bagi manusia dan hewan peliharaan, kecuali Anda memiliki hewan yang berasal dari tumbuhan tersebut — seperti gajah, tapir, atau kera.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com