Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Kesalahan Merawat Tanaman dan Cara Menghindarinya

Kompas.com - 14/02/2024, 21:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias yang ditanam di luar maupun dalam rumah bisa membuat suasana rumah terasa lebih menyenangkan. Tanaman hias juga membuat rumah terlihat lebih estetik dan menarik.

Akan tetapi, untuk menjaga keindahan tanaman hias, perawatan yang dilakukan harus maksimal. Sayangnya, masih banyak diantara kita yang melakukan kesalahan saat merawat tanaman hias.

Baca juga: 5 Kesalahan Merawat Tanaman Hydrangea yang Sering Dilakukan

Akibatnya, pertumbuhan tanaman terganggu dan tanaman mati. Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (14/2/2024), berikut beberapa kesalahan merawat tanaman dan cara menghindarinya.

Melakukan penyiraman secara berlebih

Ilustrasi menyiram tanamanSHUTTERSTOCK/RONSTIK Ilustrasi menyiram tanaman

Kesalahan utama yang paling sering dilakukan saat merawat tanaman hias yaitu melakukan penyiraman secara berlebihan.

Penyiraman berlebih bisa menyebabkan tanaman busuk dan akhirnya mati. Sebaiknya, cek kondisi tanaman terlebih dahulu sebelum menyiram.

Baca juga: Aturan Menyiram Tanaman Herbal dan Cara Mencegah Penyiraman Berlebih

Apabila media tanam kering, lakukan penyiraman secukupnya. Sedangkan jika media tanam sudah cukup lembap, maka penyiraman tidak perlu dilakukan.

Selain melihat kondisi media tanam, cara lain untuk mengetahui tanaman membutuhkan air atau tidak bisa dengan mengangkat pot tanaman.

Emily O’Gwin dari US Botanical Garden di Washington DC mengatakan jika pot tanaman sangat berat, maka media tanam masih basah, sehingga tidak perlu disiram terlebih dahulu.

Pencahayaan yang tidak tepat

Kesalahan merawat tanaman hias lainnya yaitu pencahayaan yang tidak tepat. Kurangnya pencahayaan bisa mengganggu proses fotosintesis. Sebaliknya, pencahayaan berlebih bisa menyebabkan tanaman kering dan mati.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Minim Perawatan yang Cocok untuk Pelancong

Maryah Greene, penata tanaman, konsultan, dan pemilik Greene Piece, menyarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu kebutuhan cahaya dari tanaman yang akan ditanam.

Jika ingin meletakkan tanaman di dalam ruangan, maka pertimbangkan juga arah jendela. Pada jendela yang menghadap ke selatan, sinar matahari akan langsung menyinari ruangan sepanjang hari.

Apabila hendak meletakkan tanaman di jendela yang menghadap ke selatan, maka dianjurkan untuk memilih tanaman yang tahan terhadap penyinaran tinggi.

Terlalu banyak memberikan pupuk

Sama seperti penyiraman, pemberian pupuk berlebih juga bisa mengganggu pertumbuhan tanaman. Bahkan, terkadang pemupukan berlebih bisa menyebabkan tanaman mati.

Untuk mencegah hal tersebut, maka disarankan memberikan pupuk sesuai dosis yang dianjurkan. Tanaman yang tumbuh di lingkungan minim cahaya, biasanya membutuhkan lebih sedikit pupuk karena pertumbuhannya lambat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com