Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 6 Kesalahan Merawat Tanaman Poinsettia

Kompas.com - 24/11/2022, 17:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Poinsettia atau kastuba merah adalah tanaman musiman atau tahunan yang ditemukan saat musim liburan akhir tahun. 

Tak heran, tanaman poinsettia kerap digunakan sebagai dekorasi Natal. Poinsettia memiliki tampilan yang cantik dan mudah dikenali, yakni daun berwarna merah serta kelompok bunga kecil berwarna kuning atau putih. 

Baca juga: Bisakah Tanaman Poinsettia Tumbuh Di Luar Ruangan? Ini Tips Merawatnya

Daun merah mengkilap itu juga menjadi ciri khas dari tanaman poinsettia. Poinsettia merupakan tanaman tropis serta tumbuh sangat baik di zona tropis dan sub-tropis.

Tanaman hias ini biasanya dirawat atau diletakkan di dalam ruangan seperti ruang keluarga, ruang tamu, dan meja makan.

Sayangnya, saat merawat tanaman poinsettia banyak orang melakukan kesalahan yang membuat tanaman mengalami masalah, bahkan mati.

Untuk menghindarinya, berikut beberapa kesalahan merawat tanaman poinsettia yang sering dilakukan dikutip dari Better Homes and Gardens, Kamis (24/11/2022). 

Baca juga: Mengenal Poinsettia, Tanaman Hias Khas Dekorasi Natal 

Paparan suhu dingin 

Ilustrasi tanaman hias poinsettiaShutterstock/R R Ilustrasi tanaman hias poinsettia
Tanaman poinsettia ditanam di rumah kaca sebelum dikirim untuk dijual. Ketika mengambil tanaman dari rumah kaca yang hangat, lalu melalui tempat parkir yang dingin ke mobil, ini bisa membuat tanaman poinsettia kehilangan daunnya karena kejutan perubahan suhu yang dialami. 

Maka itu, perlu melindungi tanaman poinsettia dengan tas atau kertas jika berada di luar terkena cuaca dingin selama lebih dari beberapa menit.  

Baca juga: 7 Tanaman Pembawa Keberuntungan dan Energi Positif ke Dalam Rumah

Menyimpan tanaman di ruangan yang terlalu panas atau dingin

Gary Vollmer, Manajer Produk poinsettia untuk Selecta One, mengatakan meletakkan  poinsettia dalam ruangan di sisi yang lebih dingin akan baik-baik saja untuk tanaman. 

"Sementara suhu di luar musim dingin akan membunuh poinsettia, sedangkan suhu dalam ruangan dari 12-25 derajat Celsius akan baik-baik saja."

Tak hanya itu, perlu menjauhkan tanaman poinsettia dari angin dingin di dekat pintu dan jendela serta panas dari ventilasi, radiator, dan perapian. 

Baca juga: Selain Poinsettia, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Dekorasi Natal 

Tidak memberikan jumlah cahaya yang tepat

Selanjutnya, kesalahan merawat tanaman poinsettia adalah tidak memberikan jumlah cahaya yang tepat. Poinsettia membutuhkan cahaya untuk berkembang.

"Menjaganya di lokasi cerah akan membuat keajaiban untuk membuatnya tetap tumbuh," imbuh Vollmer.

Namun, tanaman poinsettia bisa terbakar di bawah sinar matahari langsung, jadi letakkan tempat terang yang memiliki naungan agar ttidak bisa menyinarinya langsung.

Pot tidak memiliki lubang drainase

Ilustrasi bunga poinsettiaUnsplash/Jeffrey Hamilton Ilustrasi bunga poinsettia
Pot tanpa lubang drainase dapat membuat akar tanaman poinsettia terus terendam air. Ini bisa membuat daunnya menguning dan rontok, akarnya membusuk, dan tanaman poinsettia mati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com