Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Tata Letak Dapur yang Sering Dilakukan, Menurut Desainer

Kompas.com - 25/02/2024, 19:24 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home


JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan jantung di dalam rumah karena fungsinya sangat penting. Maka dari itu, dapur harus ditata dengan benar agar nyaman saat digunakan.

Selain membuat dapur lebih nyaman, penataan dapur yang benar juga membuat ruangan berfungsi dengan maksimal.

Namun, sayangnya masih banyak pemilik rumah yang melakukan kesalahan saat menata dapur. Dilansir dari Ideal Home, Minggu (25/2/2024), berikut beberapa kesalahan tata letak dapur yang sering dilakukan, menurut para desainer interior.

Baca juga: 4 Kesalahan Tata Letak Dapur yang Harus Dihindari

Tidak memperhatikan konektivitas antar ruangan

ilustrasi dapur yang terhubung dengan ruang keluargaShutterstock/ImageFlow ilustrasi dapur yang terhubung dengan ruang keluarga

Salah satu kesalahan tata letak dapur yang paling sering dilakukan yaitu tidak memperhatikan konektivitas antar ruangan.

Stacey Tompsett, desainer utama di Turner & Foye, menyarankan untuk mempertimbangkan mobilitas dan konektivitas antar ruangan, terutama ruangan yang dekat dengan dapur.

Dengan memperhatikan konektivitas ruangan, maka aktivitas di rumah bisa dilakukan bersama-sama dengan lebih mudah.

Baca juga: 4 Ide Tata Letak Dapur Kecil yang Bisa Jadi Inspirasi

Mengabaikan fungsi lain dari dapur

Dapur merupakan ruangan yang multifungsi. Artinya, ruangan ini bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, selain memasak.

Namun, masih banyak pemilik rumah yang tidak mempertimbangkan fungsi lain dari dapur. Banyak yang hanya membuat area memasak saja.

Padahal, penting untuk membuat area khusus selain untuk memasak. Misalnya, meletakkan meja yang bisa digunakan untuk makan, belajar, atau bahkan bekerja.

Baca juga: Ketahui, 5 Tata Letak Dapur yang Salah Menurut Feng Shui

Tidak mempertimbangkan lalu lintas di dapur

Kesalahan tata letak dapur lainnya yaitu tidak mempertimbangkan lalu lintas di ruangan tersebut. Akibatnya, dapur terasa lebih sempit dan kurang fungsional.

Hayley Robson, direktur kreatif di Day True mengatakan tata letak yang padat bisa mengganggu pekerjaan di dapur. Maka dari itu, pastikan untuk membuat alur yang jelas antara area utama seperti kompor, wastafel, dan kulkas untuk mencegah kepadatan di dapur.

Sementara itu, Jen Nash kepala desain di Magnet mengatakan bahwa zona ruang sangat penting untuk menjaga fungsi dapur dan membuat dapur lebih nyaman saat digunakan.

Baca juga: 7 Tata Letak Dapur yang Buruk Menurut Feng Shui, Sebabkan Kesialan

Mengabaikan ujung furnitur yang tajam

Ilustrasi meja dapur hitam.Shutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi meja dapur hitam.

Jika memiliki anak kecil di rumah, maka sangat penting untuk memperhatikan keamanan rumah. Maka dari itu, pastikan tidak ada sudut tajam di furnitur dapur agar tidak melukai anak-anak.

Apabila sudah terlanjur memiliki furnitur bersudut tajam, maka sudut furnitur tersebut bisa dihaluskan atau dipasang pengaman yang bisa didapatkan di e-commerce.

Membuat ruang penyimpanan yang sulit diakses

Kesalahan tata letak dapur lainnya yaitu membuat ruang penyimpanan yang sulit diakses.

Selain menyulitkan, ruang penyimpanan yang sulit diakses juga berisiko merusak perlengkapan dapur, terutama perlengkapan yang mudah pecah belah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ideal Home
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com