Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Bunga Tropis yang Bisa Tumbuh di Dalam Ruangan

Kompas.com - 07/02/2024, 15:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman bunga dari daerah tropis banyak disukai karena memiliki bunga yang indah dengan daun yang subur. Selain cantik, tanaman hias ini juga mudah dirawat.

Bahkan, tanaman bunga tropis bisa ditanam di dalam rumah asalkan suhunya hangat. Kondisi lingkungan yang ideal dan perawatan maksimal akan membuat tanaman hias ini tumbuh subur dan indah.

Baca juga: 6 Bunga Tropis yang Bisa Ditanam di Dalam dan Luar Rumah

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (7/2/2024), berikut beberapa tanaman bunga tropis yang bisa tumbuh di dalam ruangan.

African violet

Ilustrasi tanaman hias African violet.SHUTTERSTOCK/SUNNY_SMILE Ilustrasi tanaman hias African violet.

Salah satu tanaman tropis yang banyak disukai yaitu African violet. Tanaman hias ini memiliki daun hijau beludru dengan tangkai pendek.

Kelompok bunganya tunggal, semi ganda, atau ganda berwarna putih, merah jambu, merah, ungu, biru, hijau limau, atau kuning pucat. Kelopak bunga tanaman ini berbentuk bulat, namun ada juga yang bentuknya tidak beraturan.

Baca juga: Gampang, Ini 3 Cara Memperbanyak Bunga African Violet

Tanaman ini bisa ditanam di dalam ruangan dengan pencahayaan terang sampai rendah. Untuk membuat African violet tumbuh dengan subur, lakukan penyiraman namun jangan sampai tetesan air mengenai daun.

Letakkan juga pot di piring dangkal yang bisa diisi dengan air agar akar bisa menyerap air dari dasar pot.

Anthurium

Anthurium juga termasuk tanaman bunga tropis yang bisa tumbuh subur di dalam ruangan. Anthurium memiliki bunga berwarna cerah.

Tanaman ini bisa beradaptasi dengan cahaya rendah dan kelembapan tidak menentu. Tanaman hias ini juga bisa berbunga terus menerus.

Perawatan tanaman tropis ini cukup mudah, hanya perlu rutin disiram saat media tanam kering ketika disentuh.

Baca juga: Ingin Merawat Anthurium? Perhatikan Hal Ini

Begonia

Begonia juga termasuk tanaman tropis yang bisa ditanam di dalam rumah. Begonia memiliki daun yang menarik dan bunga kecil warna-warni sehingga tampilannya sangat cantik.

Sama seperti African violet, daun tanaman begonia juga sebaiknya tidak terkena tetesan air karena bisa rusak. Tanaman begonia juga memerlukan penyiraman dengan rutin agar pertumbuhannya maksimal.

Bromeliad

Ilustrasi tanaman hias bromeliad.SHUTTERSTOCK/OLIVER HOFFMANN Ilustrasi tanaman hias bromeliad.

Bromeliad adalah tanaman bunga tropis yang hanya mekar satu kali, kemudian perlahan membentuk cabang sebelum tanaman utamanya mati. Cabang tanaman ini bisa dipotong dan ditanam sebagai tanaman sendiri.

Cara merawat tanaman bromeliad cukup tuangkan sedikit air ke dalam daun berbentuk cangkir di tengah tanaman agar tanaman tetap lembap. Lalu, kosongkan air setiap minggu dan isi ulang air untuk mencegah tanaman tergenang.

Baca juga: Mengenal Tanaman Bromelia yang Cantik dan Minim Perawatan

Bunga calla

Bunga calla memiliki tampilan yang anggun dan menarik. Bunga ini memiliki banyak warna seperti putih, merah muda, kuning, oranye atau merah.

Bunga calla harum, sehingga membuat ruangan cantik dan wangi. Jika menanam bunga calla, pastikan tanaman tetap lembap saat sedang mekar, lalu biarkan mengering saat mati untuk mendorong pertumbuhan tanaman baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com