Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2024, 11:43 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

 
JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat tidur susun menjadi salah satu jenis tempat tidur yang bisa ditempatkan di kamar anak. Tempat tidur susun bisa digunakan untuk dua anak, sehingga lebih efisien.

Tak hanya itu, tempat tidur susun juga cocok untuk ruangan sempit karena ukurannya relatif kecil dan ramping.

Baca juga: Tempat Tidur Susun Tidak Bagus Menurut Feng Shui, Mengapa?

Tempat tidur susun cukup mudah ditemukan. Banyak toko furnitur yang menjual jenis tempat tidur ini dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, saat hendak membeli tempat tidur susun untuk anak, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Dilansir dari Home Line Furniture, Sabtu (24/2/2024), berikut tips memilih tempat tidur susun untuk anak.

Pilih tempat tidur berkualitas

Ilustrasi tempat tidur tingkat kayu. SHUTTERSTOCK/ARTAZUM Ilustrasi tempat tidur tingkat kayu.

Harga tempat tidur susun sangat bervariasi. Namun, pastikan tidak mengutamakan harga dibandingkan kualitasnya.

Jangan tergiur dengan tempat tidur murah, namun mengabaikan kualitasnya. Sebaiknya pilih tempat tidur susun berkualitas, meskipun harganya mahal.

Baca juga: Mau Beli Tempat Tidur Tingkat untuk Anak? Perhatikan 5 Hal Ini

Untuk mengetahui kualitas tempat tidur, cek kondisi konstruksi tempat tidur. Pastikan tempat tidur terbuat dari material yang kuat dan dibuat dengan benar.

Pilih tempat tidur susun klasik

Selanjutnya, tips memilih tempat tidur susun untuk anak yaitu pilih yang desainnya klasik. Sebab, anak-anak biasanya memiliki kesukaan dan minat yang berubah-ubah.

Jadi, sebaiknya pilih tempat tidur susun yang tidak ketinggalan seperti tempat tidur berwarna putih. Dengan demikian, tempat tidur bisa digunakan kapan saja dan dapat dipadukan dengan berbagai gaya interior ruangan.

Baca juga: 7 Tips Memilih Tempat Tidur Tingkat yang Aman dan Tahan Lama

Ukur kamar anak terlebih dahulu

Kamar tidur susun cocok untuk kamar anak yang ukurannya kecil. Namun, sebelum membeli tempat tidur susun, sebaiknya ukur terlebih dahulu kamar yang akan digunakan.

Ukur total luas lantai termasuk panjang dan lebarnya. Ukur juga tinggi kamar dari lantai hingga ke langit-langit. Idealnya, ada jarak sekitar 61 cm antara bagian atas tempat tidur dengan langit-langit.

Sebelum membeli, cek juga dimensi tempat tidur untuk memastikan ukuran tempat tidur sesuai dengan ukuran ruangan.

Pertimbangkan bentuk tangganya

Ilustrasi kamar tidur anak berwarna putihSHUTTERSTOCK/PROCREATORS Ilustrasi kamar tidur anak berwarna putih

Tempat tidur susun biasanya dilengkapi dengan tangga yang menghubungkan tempat tidur bagian bawah dengan tempat tidur bagian atas.

Baca juga: Tempat Tidur Tingkat Besi Vs Kayu, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Selain fungsional, tangga di tempat tidur susun juga berguna sebagai ornamen dekorasi yang mempercantik kamar.

Pastikan untuk memilih tangga dengan bentuk ramping dan kokoh. Tujuannya agar tangga tidak memakan banyak ruang, namun harus tetap aman saat digunakan.

Pertimbangkan tingkat keamanannya

Terakhir, tips memilih tempat tidur susun untuk anak yaitu mempertimbangkan tingkat keamananya. Sebaiknya, pilih tempat tidur dengan rel yang melengkapi tempat tidur atas.

Selain itu, pastikan untuk menempatkan tempat tidur susun di dekat dinding agar tetap aman. Material yang digunakan juga harus kokoh, sehingga aman dan nyaman saat digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com