Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Kayu Manis untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 19/02/2024, 19:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kayu manis tak hanya menjadi bumbu dapur serbaguna untuk masakan, tetapi juga memiliki segudang manfaat untuk tanaman serta kebun. 

Aroma harum yang khas dan kuat dari kayu manis memiliki manfaat melindungi tananam di kebun dari berbagai masalah, seperti hama yang mengganggu. 

Baca juga: Taburkan Kayu Manis Bubuk di Rumput Halaman Rumah, Ini Manfaatnya

 

Diana Cox, ahli tukang kebun di The Gardening Talk, mengatakan kayu manis memiliki sifat antijamur yang dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan lumut pada tanaman. 

"Ini juga dapat membantu merangsang pertumbuhan akar, memberikan nutrisi penting bagi tanaman, dan terbukti meningkatkan tingkat perkecambahan benih," katanya. 

Nah, dikutip dari Living Etc, Senin (19/2/2024), berikut sejumlah manfaat kayu manis untuk tanaman

 

Mencegah jamur putih 

Ilustrasi kayu manis, kayu manis bubuk. SHUTTERSTOCK/YETI STUDIO Ilustrasi kayu manis, kayu manis bubuk.
Saat cuaca dingin yang sejuk dan basah, jamur putih sangat umum ditemukan di taman. Muncul sebagai residu putih berbulu halus pada daun, batang, atau lapisan atas tanah di sekitar tanaman. 

Keberadaan jamur putih dapat menyulitkan bunga dan semak untuk berfotosintesis, bahkan menyebabkan pembusukan jika tidak ditangani.

Di sinilah peran kayu manis. Bumbu sederhana ini memiliki sifat antijamur sehingga menjadi fungisida alami yang sangat baik untuk melawan tanda-tanda jamur.

"Jika ditaburkan di tanah, kayu manis membantu mencegah pertumbuhan jamur serta penyakit jamur lainnya, seperti embun tepung dan bintik hitam, yang dapat membahayakan tanaman," jelas Richa Kedia, tukang kebun dan blogger di Nursery Lady. 

Baca juga: 6 Hama Rumah yang Ampuh Dibasmi dengan Kayu Manis

Meningkatkan pertumbuhan tanaman 

Selanjutnya, manfaat kayu manis untuk tanaman adalah meningkatkan pertumbuhan tanaman. Hal ini berkat kandungan hormon khusus yang merangsang pertumbuhan akar, membantu tanaman mengembangkan sistem akar yang lebih kuat dan sehat.

Sama dengan menggunakan ampas kopi sebagai pupuk, kayu manis tergolong aman dan tidak beracun untuk meningkatkan kesehatan tanaman.

"Tidak seperti pestisida kimia, fungisida, dan pupuk, kayu manis tidak akan membahayakan serangga bermanfaat atau mencemari tanah dan persediaan air Anda," ujar Richa.

Ditambah, harga kayu manis terjangkau dan mudah didapat, menjadikannya solusi mudah serta hemat biaya bagi setiap tukang kebun. 

Baca juga: Cara Membasmi Laba-Laba dari Rumah dengan Kayu Manis

Mencegah hama 

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di pot terakota atau pot tanah liat. SHUTTERSTOCK/ROSEAESTHETE Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di pot terakota atau pot tanah liat.
Terakhir, manfaat kayu manis untuk tanaman adalah mencegah hama. Siput, semut, dan lalat hitam dapat menyebabkan kerusakan serius pada tanaman serta tidak dapat diperbaiki.

"Saat pertama kali mulai berkebun, saya mempunyai masalah dengan semut yang menyerang tanaman saya,” imbuh Richa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com