Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Skema Warna Ruang Tamu, Bikin Suasana Lebih Segar

Kompas.com - 07/02/2024, 13:57 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan skema warna akan menentukan suasana di ruang tamu. Jadikan ruang tamu terasa nyaman, dramatis, dan dinamis dengan kombinasi warna yang tepat.

Skema warna yang tepat juga bisa membuat ruang tamu terasa segar dan estetik. Ada banyak pilihan warna yang bisa dikombinasikan untuk menghasilkan suasana nyaman di ruang tamu.

Baca juga: 8 Warna Ruang Tamu yang Menenangkan dan Beri Nuansa Teduh

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Rabu (7/2/2024), berikut skema warna ruang tamu yang bisa menjadi pilihan.

Skema warna ruang tamu yang terinspirasi dari alam

ilustrasi ruang tamu bernuansa alamiShutterstock/Laci_10 ilustrasi ruang tamu bernuansa alami

Warna yang diambil dari alam seperti hijau bisa membuat ruang tamu terasa lebih menenangkan. Gunakan dinding putih krem untuk melengkapi warna hijau agar terlihat semakin estetik.

Tambahkan sedikit warna hitam untuk memberikan sedikit aksen. Hiasi juga ruang tamu dengan bantal sofa untuk memberikan efek halus dan nyaman.

Baca juga: 6 Ide Ruang Tamu Bergaya Farmhouse, Bikin Suasana Rumah Lebih Nyaman

Skema warna ruang tamu modern

Skema warna ruang tamu modern dengan menggunakan warna putih, hitam dan emas juga bisa dipilih untuk membuat ruang tamu terlihat lebih menarik. Palet sederhana yang didominasi dengan warna hitam dan putih akan memberikan kesan ramping dan modern.

Mulailah dengan dinding putih yang dipadukan dengan warna hitam untuk memberikan kesan berani. Lapisi emas metalik pada aksesori dan furnitur beraksen untuk mencegahkan ruangan.

Ruang tamu warna-warni

Warna cerah seperti oranye, hijau, dan pastel juga bisa dipilih untuk menghias ruang tamu. Mulailah skema dengan satu atau dua warna utama, lalu tambahkan lebih banyak warna sebagai aksesori.

Baca juga: Ide Dekorasi Ruang Tamu Bergaya Boho yang Cantik dan Modern

Di ruang tamu ceria, gunakan furnitur berwarna hijau dan gorden beraksen oranye untuk tampilan yang lebih menarik. Gunakan juga bantal sofa bermotif untuk menghasilkan variasi warna dan menambah karakter unik di dalam ruangan.

Skema warna elegan

Jika ingin menghadirkan skema warna ruang tamu yang elegan, maka warna yang bisa dipilih yaitu krem dan putih sebagai warna utama. Dua warna ini membuat ruang tamu terlihat elegan dan natural.

Kombinasikan dengan tekstur untuk membuat ruangan terlihat semakin menarik. Di ruang tamu ini, gunakan juga aksen kayu pada furnitur, rak terbuka, dan ornamen dekorasi lain. Letakkan juga bantal sofa berwarna biru untuk tampilan lebih sederhana.

Skema warna ruang tamu bergaya pesisir

Skema warna biru dan pirus cocok untuk ruang tamu bergaya pesisir. Selain warna putih, warna pirus juga bisa dikombinasikan dengan warna merah muda cerah dan kuning untuk menciptakan tampilan ceria yang terinspirasi dari laut.

Baca juga: 6 Ide Ruang Tamu Berwarna Sage Green yang Cantik

Tampilkan juga corak yang lebih hangat untuk membuat ruangan terlihat lebih cantik. Gunakan juga kain bertekstur sebagai hiasan untuk menghadirkan suasana pantai yang nyaman.

Warna yang berani dan moody

Plafon ruang tamu berwarna gelapShutterstock/ImageFlow Plafon ruang tamu berwarna gelap

Untuk membuat ruang tamu terasa moody, gunakan warna hijau yang cenderung kekuningan. Warna tersebut bisa membuat ruangan terasa lebih bersemangat.

Warna hijau ini cocok dipadukan dengan cat arang gelap untuk memberikan kesan murung di ruang tamu. Gunakan juga karpet berwarna kemerahan dan bermotif menarik sebagai penyeimbang warna gelap.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Warna Abu-abu dan Cokelat

Warna terang dan lapang

Terakhir, skema warna ruang tamu lainnya yaitu menggunakan warna putih, taupe, dan goldenrod. Warna putih bisa digunakan pada langit-langit ruangan untuk memberikan kesan megah di ruang tamu.

Sedangkan warna abu-abu, emas dan cokelat bisa ditampilkan di dinding ruangan untuk memberikan kesan nyaman. Padukan dengan tekstur abu-abu hangat agar palet warna tetap netral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com