Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Ini Efektif Mencerahkan Pakaian Putih, Apa Saja?

Kompas.com - 25/01/2024, 07:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kain atau pakaian putih dapat kehilangan kilaunnya seiring berjalannya waktu dan menjadi kusam atau menguning.

Perubahan warna pada pakaian putih bisa disebabkan sejumlah hal, seperti air sadah, noda akibat keringat, noda kotoran, terkena lunturan warna, serta pencucian yang terlalu sering.  

Baca juga: Ketahui, Ini Suhu Air Terbaik Mencuci Pakaian Putih di Mesin Cuci

Menentukan cara terbaik memutihkan dan mencerahkan pakaian putih akan bergantung pada berbagai faktor, dari bahan pakaian hingga jenis noda yang ingin dihilangkan.

Misalnya, noda berbasis protein, seperti noda dari darah atau keringat, membutuhkan perawatan berbeda dari disebabkan oleh warna yang luntur saat pencucian.

Pemutih sering kali menjadi pilihan utama memutihkan kembali pakaian, tetapi ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk semua jenis kain dan noda. 

Lantas, produk apa yang baik untuk mencerahkan kembali pakaian putih? 

Nah, dikutip dari Better Homes and Gardens, Kamis (25/1/2024), berikut beberapa bahan pembersih yang efektif mencerahkan pakaian putih

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Noda Lunturan Warna dari Pakaian Putih

Pemutih 

Ilustrasi pemutih.SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi pemutih.
Sebagian besar pemutih, seperti pemutih klorin, pemutih oksigen, dan hidrogen peroksida memecah noda melalui proses kimia yang disebut oksidasi.  

Detergen bekerja menghilangkan noda, sementara pemutih mengubah nosa menjadi tidak berwarna dengan mengubah molekulnya secara kimiawi. 

Gunakan pemutih klorin hanya untuk pakaian putih dan pakain yang dapat diputihkan. Sebelum menggunakan pemutih, periksa label "hanya pemutih tanpa klorin" pada pakaian. 

Untuk menggunakan putih, nyalakan mesin cuci dan gunakan 3/4 cangkir pemutih klorin ke dalam air dan detergen yang biasa digunakan, lalu masukkan pakaian. 

Sebagai peringatan, pemutih klorin dapat menghasilkan asap yang berbahaya ketika dicampur dengan cuka, produk ammonia, atau bahan kimia rumah tangga lainnya.

Jadi, jangan pernah mencampur produk pembersih ini karena dapat berbahaya bagi sistem pernapasan. 

Baca juga: 5 Cara Mencerahkan Pakaian Putih yang Menguning tanpa Pemutih

Perasan lemon 

Ilustrasi lemonShutterstock/Joshua Resnick Ilustrasi lemon
Selanjutnya, bahan pembersih yang efektif mencerahkan pakaian putih adalah perasan lemon. Ini adalah pemutih dan penyegar cucian alami.

Tambahkan 235 mililiter perasan lemon ke dalam mesin cuci bersama air dan detergen. Kemudian masukkan cucian dan cuci pakaian seperti biasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com