Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kasur Busa dengan Benar dan Mudah

Kompas.com - 23/01/2024, 20:41 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kasur busa merupakan salah satu jenis kasur yang banyak disukai karena empuk, lembut, dan nyaman. Kasur ini bisa membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Namun, kenyamanan kasur busa bisa hilang jika tidak pernah dibersihkan. Kasur akan menjadi tempat berkumpulkan debu, tungau, jamur, dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan.

Baca juga: Cara Membersihkan Bantalan Kasur Busa

Maka dari itu, penting untuk rutin membersihkan kasur busa agar selalu bersih dan nyaman. Dikutip dari Homes and Gardens, Selasa (23/1/2024), berikut ini cara membersihkan kasur busa dengan benar.

Baca instruksi

membersihkan kasurShutterstock/Svitlana Hulko membersihkan kasur

Martin Seeley, CEO di Mattress Next Day, mengatakan bahwa memeriksa petunjuk perawatan kasur harus dilakukan sebelum mulai membersihkan kasur.

Langkah ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada kasur selama proses pembersihan. Jadi, pastikan untuk membaca instruksi perawatan dengan seksama.

Baca juga: Trik Cepat Menghilangkan Bau pada Kasur Busa Memori Foam

Lepas dan cuci kain pelindungnya

Kasur busa biasanya memiliki kain pelapis yang menyelimuti seluruh busa. Maka dari itu, sebelum membersihkan busanya, dianjurkan untuk melepaskan kain pelindungnya.

Kain pelindung kasur busa bisa dicuci dalam mesin cuci menggunakan detergen. Setelah dicuci bersih, keringkan kain pelindung kasur tersebut.

Bersihkan debu dengan vacuum cleaner

Cara membersihkan kasur busa selanjutnya yaitu membersihkan debu di busa kasur menggunakan vacuum cleaner.

April Mayer pakar dari Amerisleep menyarankan untuk menggunakan penyedot debu dengan sikat lembut karena sikat yang terlalu keras bisa merusak permukaan kasur. Lakukan gerakan memutar dengan lembut saat membersihkan debu di kasur tersebut.

Debu di kasur busa sebaiknya dibersihkan setiap seminggu sekali atau setiap kali mengganti seprai. Dengan demikian, debu dan kotoran tidak akan menumpuk.

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur Tanpa Vacuum Cleaner

Bersihkan noda di kasur

Ilustrasi membersihkan kasur, menghilangkan noda keringat di kasur. SHUTTERSTOCK/MDBILDES Ilustrasi membersihkan kasur, menghilangkan noda keringat di kasur.

Noda di kasur bisa disebabkan oleh keringat, minyak tubuh, atau kotoran lain yang menempel. Noda tersebut perlu dihilangkan agar tidak mengganggu kenyamanan kasur busa.

Gunakan kain bersih berwarna terang untuk menghilangkan noda karena warna yang lebih gelap bisa luntur saat dicelupkan ke dalam larutan pembersih.

Larutan pembersih bisa dibuat dari detergen cair yang diencerkan dalam air. Hindari detergen bubuk karena bisa mengubah warna maupun tesktur kain penutup kasur.

Setelah itu, celupkan kain terang ke dalam larutan pembersih. Selanjutnya gosok kain ke area bernoda dengan gerakan memutar, kemudian bilas sisa detergen yang terdapat di kasur tersebut.

Baca juga: Jangan Membersihkan Kasur dengan Pemutih, Ini Bahayanya

Keringkan kasur

Terakhir, kasur busa perlu dikeringkan sebelum digunakan kembali untuk tidur. Pastikan kasur busa kering sempurna karena busa yang lembap bisa memicu pertumbuhan jamur dan lumut.

Letakkan kasur di ruangan berventilasi baik dan nyalakan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan. Selain itu, kasur usa juga bisa dijemur di bawah sinar matahari pagi sekitar 30 menit untuk mengurangi kelembapan dan menghilangkan bau di kasur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com