Kompas.com - 03/01/2022, 18:37 WIB
Ilustrasi kasur. PIXABAY/CONGERDESIGNIlustrasi kasur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa kasur busa memori, yang juga dikenal sebagai busa poliuretan visco-elastis, mengeluarkan bau yang mengganggu kesehatan dan tidur

Beberapa produk busa memori seperti kasur dan penutup kasur dirancang menggunakan bahan tahan api agar tidak mudah terbakar. 

Baca juga: Cara Mendisinfeksi Kasur agar Tak Jadi Sarang Bakteri dan Kuman

Bahan kimia itu juga dikenal sebagai senyawa organik yang mudah menguap, "menghilangkan gas" atau keluar dari busa, serta menyebabkan bau yang hilang seiring waktu.

Untuk menghilangkan bau ini, berikut beberapa trik cepat menghilangkan bau pada kasur busa memori foam dilansir dari Home Guides SF Gate, Senin (3/1/2022),

Baca juga: 5 Cara Mudah dan Efektif Membersihkan Kasur 

Keluar busa 

Ilustrasi kasurSHUTTERSTOCK Ilustrasi kasur
Lepaskan busa memori baru dari kemasan plastik luar yang mengelilinginya. Jika memungkinkan, letakkan busa di luar ruangan setidaknya selama beberapa jam pada hari yang kering dan tidak lembap.

Jika tidak dapat membawa kasur busa, bantal, atau penutup di luar ruangan, sandarkan pada kursi atau dinding di ruangan sehingga berventilasi dari semua sisi.

Buka jendela dan nyalakan kipas jendela yang menarik udara keluar dari ruangan. Semakin lama produk busa mengudara, semakin tidak terlihat baunya. 

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini agar Kasur Awet dan Lebih Nyaman 

Gunakan larutan baking soda

Baking soda membantu menghilangkan bau pada busa memori. Setelah mengeluarkan busa memori, taburkan baking soda ke seluruh kasur, alas, atau bantal dan biarkan selama satu jam atau lebih.

Bersihkan baking soda dengan sikat pelapis jok. Oleskan langsung baking soda pada objek busa, bukan pada seprai atau sarung bantal untuk hasil terbaik. 

Baca juga: Jenis-jenis Kasur Pegas dan Kasur Busa, Mana yang Lebih Baik? 

Penyegar ruangan

Jika Anda sering terbangun dengan gatal-gatal, bisa jadi kasur Anda didiami oleh kutu kasur atau bedbugs.Unsplash/Ty Carlson Jika Anda sering terbangun dengan gatal-gatal, bisa jadi kasur Anda didiami oleh kutu kasur atau bedbugs.
Kasur busa memori baru dapat membuat semua ruangan di rumah berbau selama beberapa hari.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.