Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2024, 20:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Spanyol juga menjadi salah satu negara yang memiliki banyak ras anjing. Menurut Spanish Royal Canine Society, secara resmi, ada 23 ras anjing yang berasal dari Spanyol.

Namun, menurut federasi anjing lainnya, ada lebih dari 40 ras anjing asli Spanyol yang diakui. Sebanyak puluhan ras anjing asal Spanyol tersebut telah menyebar ke berbagai belahan dunia menjadi anjing peliharaan.  

Baca juga: Perbedaan Anjing Doberman dan Rottweiler, Mana Terbaik untuk Menjaga?

Tentu saja, ras anjing asal Spanyol ini memiliki penampilan, karakteristik, dan cara perawatan yang berbeda-beda. 

Nah, dilansir dari AnimalWised, Jumat (12/1/2024), berikut ras anjing asal Spanyol yang mendunia. 

Spanish Greyhound 

Ilustrasi anjing Spanish greyhound. Shutterstock/Francesco Frilli Ilustrasi anjing Spanish greyhound.
Anjing Spanish Greyhound menonjol di antara semua ras anjing Greyhound karena penampilannya yang bergaya.

Namun, tampilan menonjol itu didapat Greyhound karena pelecehan serius yang dialaminya di Spanyol. Ratusan anjing Greyhound ditinggalkan dan disembelih setiap tahun dan ini terjadi pada akhir musim berburu atau saat tidak lagi berguna untuk balap Greyhound.

Anjing Greyhound Spanyol juga dianggap sebagai salah satu ras anjing tercepat di dunia. Asal usul anjing Greyhound Spanyol berasal dari abad kedua Sebelum Masehi (SM).

Sama dengan ras anjing lainnya, seiring berjalannya waktu telah mengalami perubahan yang luar biasa. Ini terlihat dari tubuhnya yang bergaya, kurus, dan kuat. 

Perawatan anjing Spanyol ini harus fokus pada jalan-jalan, olahraga cukup, istirahat, dan perawatan mantel, terutama saat iklim dingin. 

Baca juga: 8 Ras Anjing Besar yang Ramah untuk Keluarga, Ada Rottweiler

Ibizan hound 

Ilustrasi anjing Ibizan hound. Shutterstock/Maja H. Ilustrasi anjing Ibizan hound.
Selanjutnya, ras anjing asal Spanyol adalah Ibizan hound. Dikenal sebagai anjing Ibizan Warren, Ibizan hound berasal dari pulau Mallorca, Ibiza, Formentera, dan Menorca.

Ini adalah jenis anjing Spanyol primitif yang diduga diperkenalkan bangsa Fenisia, Kartago, dan Romawi. Trah anjing ini awalnya dikembangkan untuk berburu kelinci dan hewan buruan.

Ibizan houndh juga dikenal memiliki hidung yang luar biasa serta memiliki bulu halus pendek atau panjang yang warnanya bervariasi, dari warna api bercampur putih. 

Andalusian hound 

Andalusian hound adalah salah satu ras anjing pemburu Spanyol yang paling terkenal. Ciri khasnya adalah perawakannya sedang dengan telinga lancip dan moncong memanjang.

Bulunya yang agak panjang berwarna coklat muda atau kuning. Anjing Andalusia hound telah diakui Spanish Royal Canine Society sejak1992. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Paling Langka di Dunia, Ada dari Palestina dan Israel

Spanish water dog 

Spanish water dog berasal Cantabria, Spanyol utara, yang juga dapat ditemukan di Andalusia. Spanish water dog adalah keturunan dari "Barbet" kuno dan dikenal sebagai jenis anjing gembala Spanyol yang populer.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com