Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tren Lantai Vintage yang Kembali Populer di 2024

Kompas.com - 10/01/2024, 12:28 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai menjadi bagian penting dalam rumah. Lanai menjadi permukaan yang menopang bangunan dan menjadi lapisan dasar di dalam bangunan tersebut.

Selain itu, lantai rumah juga membuat rumah terlihat lebih menarik. Maka dari itu, pemilihan jenis, pola, tekstur, hingga warna lantai harus dipertimbangkan dengan matang.

Baca juga: 6 Tren Lantai Rumah pada 2024 yang Cantik dan Menarik Menurut Ahli

Sama halnya dengan ornamen dekorasi lain, lantai rumah juga selalu mengalami perubahan tren dari waktu ke waktu. Di tahun ini, para ahli memprediksi tren lantai vintage akan kembali populer.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Rabu (10/1/2024), berikut ini tren lantai vintage yang kembali populer di 2024.

Ubin kotak

Ubin keramik kotak yang disusun seperti warna papan caturShutterstock Ubin keramik kotak yang disusun seperti warna papan catur

Ubin kotak atau persegi merupakan jenis lantai klasik yang diprediksi akan kembali populer di tahun ini. Rotem Eylor, CEO Republic Floor, mengatakan ubin ini memadukan pola, lapisan, dan kedalaman yang bisa menghasilkan tampilan visual yang cantik.

Baca juga: 5 Tren Ubin yang Bakal Populer pada 2024, Tahan Lama dan Menarik

Lantai ini bisa menghadirkan suasana retro tanpa meninggalkan sentuhan modern. Untuk menonjolkan tampilan yang lebih klasik, gunakan skema warna hitam dan putih.

Ubin kotak berwarna hitam dan putih ini cocok dipasang di kamar mandi, dapur, atau area masuk rumah untuk menampilkan kesan klasik dan retro.

Terakota

Tren lantai vintage lainnya yang akan kembali populer di 2024 yaitu lantai terracotta. Kat Coleman, desainer interior di Grip Construction, Inc mengatakan lantai terakota banyak disukai karena memiliki warna tanah liat yang unik dan cantik.

Selain itu, lantai terakota juga biasanya memiliki permukaan yang tidak rata, sehingga menciptakan banyak tekstur di dalam ruangan. Tak hanya itu, warna hangat yang dimiliki lantai terakota bisa membuat ruangan terasa lebih hangat dan nyaman.

Baca juga: Ketahui Lebih Jauh Ubin Terakota, Bikin Lantai Rumah Adem

Lantai kayu asli

Lantai kayu bergaya lama juga diketahui akan populer di tahun ini. Lantai kayu biasanya terbuat dari kayu ek merah yang menambah kenyamanan di dalam rumah.

Akan tetapi, warna asli dari lantai kayu ini kurang disukai, sehingga banyak pemilik rumah yang mengecat lantai dengan warna putih untuk menghilangkan warna merah khas kayu ek.

Coleman mengingatkan bahwa lantai kayu asli lebih rentan terhadap lecet dan noda. Coleman juga menyarankan untuk mengecat atau melapisi lantai dengan lapisan yang hasil akhirnya matte bukan semi-gloss atau high-gloss.

Lantai Victoria

Tren lantai vintage yang kembali populer di 2024 lainnya yaitu lantai Victoria. Lantai ini biasanya berwarna monokrom atau bermotif alami.

Terkadang, lantai Victoria memadukan warna yang beragam dengan pola rumit. Lantai ini cocok dipasang di serambi dan pintu masuk untuk menambah daya tarik di dalam rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com