Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Tren Desain Interior yang Harus Ditinggalkan pada 2024

Kompas.com - 07/01/2024, 14:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tren desain interior selalu mengalami perubahan di setiap tahunnya. Para ahli mengatakan preferensi warna terus berkembang dan pemilihan ornamen dekorasi juga mengalami perubahan.

Perubahan desain interior rumah akan membuat suasana rumah terasa lebih segar. Di tahun ini, ada beberapa tren desain interior yang harus ditinggalkan karena dianggap sudah usang.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (7/1/2024), berikut ini tren desain interior yang harus ditinggalkan pada 2024.

Baca juga: 5 Tren Desain Interior 2024 Menurut Ahli

Warna permata cerah

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat sage green.Shutterstock/Followtheflow Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat sage green.

Penggunaan warna permata cerah menjadi salah satu tren desain interior yang perlu ditinggalkan. Sebaliknya, warna yang akan populer di 2024 antara lain; hijau sage, cokelat tanah, oranye. kuning mustard, dan cokelat.

Joa Studholme, kurator warna di Farrow & Ball menyarankan untuk menggunakan warna tanah liat yang hangat. Nuansa hangat dan bersahaja akan menciptakan suasana nyaman dan harmonis.

Palet warna tanah ini terinspirasi dari gaya desain tahun 70-an. Selain menggunakan warna tanah, gunakan juga pelapis beludru, tekstur dan pola retro, serta aksesori dekoratif yang menarik.

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Warna Sage Green

Warna lavender

Selain warna permata cerah, tren desain interior yang harus ditinggalkan pada 2024 yaitu warna lavender. Warna cerah ini diprediksi akan tergantikan oleh warna biru.

Menurut psikologi warna, biru berkaitan dengan ketenangan, relaksasi, kesadaran, dan kepercayaan. Menurut laporan tren oleh Houzz, warna biru terinspirasi dari langit atau warna air yang membuat tampilan ornamen dekoratif dan perlengkapan rumah tangga lebih menonjol.

Motif alami menggantikan motif geometris

Motif bunga dan motif lain yang terinspirasi dari alam diperkirakan akan populer di tahun. Sementara itu, motif geometris dan kotak diprediksi kurang disukai pada 2024.

Selain bermotif bunga, pilih juga material alami dan ramah lingkungan untuk memberikan tampilan yang segar dan menarik.

Baca juga: Ide Mendekorasi Kamar dengan Motif Bunga yang Bisa Menjadi Inspirasi

Ruang terbuka

Ilustrasi ruang keluarga dengan konsep terbukaShutterstock/Artazum Ilustrasi ruang keluarga dengan konsep terbuka

Beberapa tahun lalu, ruang terbuka banyak disukai karena bisa melakukan berbagai aktivitas dalam satu ruangan, bisa menciptakan kesan mengalir, dan memungkinkan cahaya menyebar ke seluruh sudut rumah.

Namun, akhir-akhir ini ruang terbuka kurang disukai karena seringkali membuat rumah kurang rapi dan privasi tidak terjaga.

Di tahun ini, tren ruangan terbuka diprediksi akan ditinggalkan dan tergantikan oleh ruangan bersekat sesuai dengan peruntukannya. Misalnya, ruangan khusus untuk menyimpan pakaian, ruang makan, dan ruang keluarga.

Nah, itulah beberapa tren desain interior yang harus ditinggalkan pada 2024. Sebaiknya, saat hendak mendekorasi ulang rumah, pertimbangkan juga tren desain terkini agar rumah lebih segar, cantik, dan menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com