Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Kulkas Dapat Bertahan? Ini Tanda Perlu Membeli Baru

Kompas.com - 02/01/2024, 09:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan peralatan rumah tangga besar lainnya, kulkas tidak dirancang untuk digunakan selamanya alias memiliki usia penggunaan batas tertentu. 

Berapa lama kulkas bertahan tergantung pada cara penggunaan dan perawatannya. Waktu, keausan, dan kerusakan komponen dapat membuat penggantian kulkas menjadi lebih cepat dari usianya. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Kulkas

Dengan mengetahui berapa lama kulkas dapat bertahan, pemilik rumah bisa mengetahui kapan perlu (atau tidak) melakukan perbaikan serta kapan harus menganggarkan dana untuk penggantian.

Kami meminta para ahli berbagi tentang berapa lama kulkas dapat bertahan dan tanda-tanda sudah waktunya mengganti kulkas baru dikutip dari Better Homes and Gardens, Selasa (2/1/2024). 

Usia kulkas 

Ilustrasi kulkas, ilustrasi mengatur kulkas.Shutterstock/Anna Om Ilustrasi kulkas, ilustrasi mengatur kulkas.
Rebecca Cottrell, Wakil Presiden Senior Pendinginan di BSH Home Appliances, mengatakan kulkas dibuat untuk tahan lama dan kebutuhan mengganti kulkas bervariasi dengan bagaimana produk tersebut digunakan serta dirawat dari waktu ke waktu. 

"Umur rata-rata kulkas berkisar antara 10-14 tahun," kata Cottrell.  

Baca juga: Mudah dan Cepat, Begini Cara Membersihkan Kulkas dalam 15 Menit

Jenis kulkas yang berbeda memiliki masa pakai sedikit berbeda. Chris Doscher, Direktur Komunikasi untuk Association of Home Appliance Manufacturers, mengatakan berdasarkan data 2019, rata-rata usia kulkas atau masa pakai kulkas dengan freezer bagian atas adalah 14 tahun, sementara usia kulkas yang diletakkan berdampingan biasanya bertahan lebih dari 11 tahun. 

Namun, kata Cottrell, sulit mengukur usia kulkas dari kulkas pintu Prancis dan freezer atas/bawah karena seharusnya hanya ada sedikit, bahkan tidak ada perbedaan dalam hal berapa lama kulkas tersebut bekerja di rumah. 

Kulkas yang lebih kecil dan ringkas memiliki masa pakai lebih pendek, yaitu empat hingga 12 tahun, dengan rata-rata sekitar delapan tahun.

Kualitas, merek, dan perawatan kulkas juga dapat menentukan berapa lama kulkas dapat bertahan. 

Baca juga: 5 Penyebab Kulkas Bocor dan Cara Mengatasinya

Tanda-tanda sudah saatnya mengganti kulkas 

Ilustrasi kulkas.Shutterstock/Zakharova_Elena Ilustrasi kulkas.
Menurut Cottrell, kebutuhan mengganti kulkas bervariasi, tergantung bagaimana peralatan digunakan dan dirawat dengan baik. "Pembersihan dan servis secara teratur dapat membantu memperpanjang usia kulkas," ucapnya. 

Ada beberapa tanda sudah saatnya mengganti kulkas seperti berikut ini: 

  • Makanan basi

Cottrell mengatakan makanan yang membusuk menandakan sudah waktunya memperbaiki atau mengganti kulkas.

Perhatikan bagimana makanan membusuk dan seberapa sering terjadi. Bisa jadi hanya motor, laci, atau bagian tertentu yang perlu diganti. 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Kulkas Secara Menyeluruh

  • Kebocoran air 

Jika suhu kulkas atau freezer yang terpasang turun tanpa peringatan, Anda mungkin akan melihat kebocoran atau genangan air di bawah atau di belakang alat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com