Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2023, 12:52 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Lomi


JAKARTA, KOMPAS.comBelatung adalah larva lalat rumah tangga yang termasuk hama rumah tangga.Tempat sampah menjadi salah satu tempat belatung bersembunyi.

Sebab, tempat sampah digunakan untuk membuang berbagai jenis sampah yang bisa lalat untuk bertelur dan menetaskan telurnya disana.

Baca juga: Cara Cegah Kehadiran Belatung di Tempat Sampah, Pakai Kemangi

Jika tidak segera diatasi, belatung akan semakin banyak dan menyebabkan pemandangan kurang menyenangkan. Selain itu, belatung juga bisa membawa parasit dan mikroorganisme lainnya yang bisa menyebabkan infeksi pada manusia.

Lantas, bagaimana cara memusnahkan belatung? Dikutip dari Lomi, Rabu (13/12/2023), berikut beberapa cara membunuh belatung di tempat sampah.

Air mendidih

Ilustrasi belatung di rumah. SHUTTERSTOCK/BIRGIT REITZ-HOFMANN Ilustrasi belatung di rumah.

Cara termudah untuk memusnahkan belatung yaitu dengan menyiram tempat sampah menggunakan air mendidih. Menuangkan air mendidih akan membuat belatung cepat mati.

Pada tempat sampah kecil, bisa dipenuhi dengan air mendidih sampai penuh. Cara ini akan membuat belatung dan telur lalat mati, sehingga lebih efektif.

Baca juga: Cara Mencegah dan Membasmi Belatung dari Rumah

Insektisida

Selain memanfaatkan air mendidih, belatung di tempat sampah juga bisa dimusnahkan menggunakan insektisida yang dijual bebas di pasaran.

Cukup semprotkan insektisida tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Lalu, tunggu setidaknya 30 menit sampai belatung mati.

Saat menyemprotkan insektisida, dianjurkan untuk menggunakan masker, sarung tangan, dan alat perlindungan diri lainnya agar lebih aman.

Cuka dan air

Cara membunuh belatung di tempat sampah selanjutnya yaitu menggunakan campuran cuka dan air panas. Campurkan cuka dan air panas dengan perbandingan 1:2 dalam botol semprot.

Berikutnya, semprotkan air cuka ke bagian dalam tempat sampah. Biarkan setidaknya setengah jam, kemudian bilas tempat sampah dengan air bersih.

Cara ini tak hanya menghilangkan belatung, namun juga bisa menghilangkan bau tak sedap di tempat sampah.

Baca juga: Apakah Belatung Berbahaya dan Bagaimana Cara Membasminya?

Larutan pemutih

Selain cuka, larutan pemutih juga bisa dicampurkan dengan air panas. Campuran air panas dan pemutih juga bisa digunakan untuk membunuh belatung.

Caranya dengan menyemprotkan campuran pemutih dan air ke dalam tempat sampah. Setelah itu, diamkan sebentar, lalu bilas sampai tempat sampah bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com