Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pentingnya Menggunakan Rak Pengering Piring di Dapur

Kompas.com - 02/12/2023, 11:22 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Houze


JAKARTA, KOMPAS.comRak pengering piring merupakan salah satu perlengkapan dapur yang penting untuk dimiliki. Rak ini biasanya terbuat dari kayu, plastik, atau aluminium yang bisa diletakkan di dekat wastafel.

Sesuai dengan namanya, rak ini digunakan untuk mengeringkan piring dan alat makan lain setelah dicuci. Rak pengering ini tak hanya digunakan untuk mengeringkan alat makan, namun bisa juga digunakan untuk mempercantik dapur.

Selain itu, ada beberapa fungsi lain dari perlengkapan dapur ini. Dilansir dari Houze, Sabtu (2/12/2023), berikut ini pentingnya menggunakan rak pengering piring yang perlu diketahui.

Baca juga: 6 Ide Rak Bumbu agar Dapur Tetap Rapi dan Teratur

Menjaga kebersihan

rak piring pengering piring di dekat wastafelShutterstock/rawf8 rak piring pengering piring di dekat wastafel

Seteleh mencuci alat makan, kamu bisa meletakkan alat makan tersebut pada rak pengering. Selain membuat alat makan cepat kering, rak tersebut juga berguna untuk menjaga kebersihan.

Dengan meletakkan dalam rak yang bersih, maka alat makan yang sudah dicuci akan terhindar dari kuman yang tak kasatmata.

Akan lebih baik jika kamu memilih rak yang memiliki penutup, sehingga tidak ada debu yang menempel pada alat makan tersebut.

Menjaga alat makan agar tidak mudah rusak

Pentingnya menggunakan rak pengering piring lainnya yaitu menjaga alat makan agar tidak mudah rusak.

Baca juga: Rak Piring Plastik atau Aluminium, Mana yang Lebih Baik?

Jika kamu meletakkan alat makan bersih di sembarang tempat, tak menutup kemungkinan alat tersebut rusak atau pecah akibat tak sengaja tersenggol. Selain itu, dapur juga menjadi lebih rapi dan tertata.

Mudah digunakan

Alasan lain banyak orang menggunakan rak pengering piring yaitu karena rak ini mudah digunakan. Kamu cukup meletakkan di dekat wastafel.

Kemudian, susun alat makan yang sudah dicuci dan biarkan sampai alat makan kering. Setelah kering, simpan alat makan di dalam laci atau tempat penyimpanan piring yang ada di dapur.

Menghemat ruang

Rak pengering piring biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Maka dari itu, perlengkapan dapur ini tidak membutuhkan banyak ruang.

Selain itu, rak ini juga bisa diletakkan di dekat wastafel, sehingga tidak mengganggu mobilitas di dapur.

Baca juga: Apakah Rak Piring Perlu Dibersihkan Setiap Hari?

Jenis rak pengering piring

Setelah mengetahui pentingnya menggunakan rak pengering piring, kini kamu bisa langsung memilih jenis rak sesuai dengan kebutuhan. Adapun beberapa jenis rak pengering piring yang bisa kamu pilih.

rak di wastafelShutterstock/Natallia Ustsinava rak di wastafel

1. Rak piring di atas wastafel

Salah satu jenis rak pengering yang bisa kamu gunakan yaitu rak di atas wastafel. Rak ini bisa menghemat ruang, sehingga membuat ruangan tetap terasa luas.

2. Rak piring yang terpasang di dinding

Selain meletakkan rak di atas wastafel, kamu juga bisa menggunakan rak piring yang terpasang di dinding. Rak piring yang diletakkan di dinding akan menjadi titik fokus pada ruangan dan membuat dapur terlihat lebih menarik.

Baca juga: 6 Cara Menata Rak Dapur agar Tampak Menarik dan Rapi

3. Rak piring di wastafel

Jenis rak lain yang bisa kamu pilih yaitu rak piring yang diletakkan di wastafel. Peletakkan rak seperti ini akan menghemat ruangan.

Selain itu, menjaga meja dapur tetap kering dan bersih karena air dari alat makan yang sudah dicuci akan langsung menetes ke wastafel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com