Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melindungi Tanaman Mawar dari Cuaca Dingin agar Kembali Mekar

Kompas.com - 30/11/2023, 16:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika tiba saatnya mempersiapkan taman untuk menghadapi musim dingin, beberapa tanaman membutuhkan sedikit bantuan guna bertahan dari serangan cuaca dingin.

Salah satu tanaman tersebut adalah mawar. Tanaman mawar memerlukan beberapa perawatan ekstra karena sebagian besar teh hibrida, grandiflora, dan floribunda saat ini dicangkokkan. 

Baca juga: Cara Menanam Mawar Putih Agar Tumbuh Cantik

Artinya, cabang dari satu jenis mawar melekat pada pangkal yang lebih kuat dan lebih tahan terhadap penyakit dari jenis lain.

Sambungan tempat penyatuan dibuat membutuhkan perlindungan ekstra dari suhu beku karena pertumbuhan yang dicangkokkan dapat mati sepenuhnya, meninggalkan Anda dengan pertumbuhan dari akar yang tidak akan menarik.

Tanaman mawar juga dapat terdorong keluar dari tanah selama siklus pembekuan/pencairan saat cuaca dingin.

Cara melindungi tanaman mawar dari cuaca dingin

tanaman mawar putihShutterstock/Setunna tanaman mawar putih
Persiapan menghadapi cuaca dingin, tergantung pada suhu terdingin  di wilayah Anda dan jenis mawar yang dimiliki di kebun.

Namun, semua varietas mawar lebih tahan terhadap cuaca dingin jika menyiramnya dengan baik pada musim gugur sebelum tanah membeku.

Di daerah dengan cuaca dingin yang ringan, tetapi tanahnya masih membeku (biasanya zona ketahanan 6 ke atas), berikut cara melindungi tanaman mawar dari cuaca dingin dikutip dari Better Homes and Gardens, Kamis (30/11/2023). 

Baca juga: 5 Tanaman Pendamping yang Cocok untuk Bunga Mawar

1. Pada awal musim hujan atau dingin, berhentilah memotong mawar dan biarkan tanaman membentuk pinggul (polong) saat mempersiapkan diri secara alami untuk musim dingin.

Jika memangkas pinggul saat suhu masih hangat, tanaman mawar akan mencoba menghasilkan pertumbuhan baru yang lembut, yang dapat disembuhkan selama cuaca dingin.

2. Setelah embun beku pertama pada musim gugur dan suhu malam hari turun hingga 20-an derajat Celsius, lindungi tanaman mawar dari siklus pembekuan dan pencairan dengan menimbun tanah di atas pangkalnya.

Tutupi penyatuan tunas (area yang bengkak dan tampak berkeropeng pada batang utama tempat cangkok dibuat) dan hingga sekitar 30 sentimeter tanaman. 

Baca juga: 6 Masalah Hama yang Sering Menyerang Tanaman Mawar

Gunakan tanah lapisan atas yang segar atau kompos, bukan tanah yang dikeruk dari sekitar tanaman serta timbunkan daun kering yang sudah diparut atau serpihan kulit kayu di atas gundukan tanah.

3. Pangkas batang yang terlalu panjang pada mawar jenis semak untuk mencegah kerusakan akibat angin. Pangkas batang ini hingga sepertiga dari panjangnya, potonglah tepat di atas kuncup yang menghadap ke luar, yang menjadi pertumbuhan baru akan muncul.

Perkirakan akan terjadi sejumlah kematian musim dingin. Buanglah batang yang mati. Batang tersebut akan terlihat berwarna cokelat, bukan hijau.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com