Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Ahli, Ini Makna Warna Biru dan Cara Penerapannya di Rumah

Kompas.com - 21/11/2023, 12:29 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Biru menjadi salah satu warna yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2024. Warna ini bahkan digadang-gadang akan menggeser popularitas warna netral yang kini banyak disukai.

Warna biru bisa membuat tampilan rumah tampak lebih cerah. Selain itu, warna biru juga memiliki makna tersendiri.

Dilansir dari Homes and Gardens, Senin (20/11/2023), berikut ini makna warna biru dan cara penerapannya.

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Kamar Mandi dengan Warna Biru

Apa makna warna biru?

Sue Wadden, direktur pemasaran warna di Sherwin-Williams mengatakan bahwa warna biru akan menjadi tren karena berkaitan dengan ketenangan dan kesehatan.

Menurutnya, warna biru banyak digunakan untuk mendekorasi rumah karena mampu menciptakan suasana yang menyenangkan di dalam hunian tersebut.

Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna biru.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna biru.

Sue juga menerangkan bahwa makna warna biru yaitu memberikan kesan tenang dan dapat menciptakan suasana positif. Harapannya, warna ini bisa menarik hal-hal positif ke dalam rumah.

Helen Shaw, direktur pemasaran warna di Benjamin Moore juga menambahkan warna biru akan membuat rumah lebih menarik dan membangkitkan rasa nyaman. Warna ini juga memberikan kenyamanan dalam rumah.

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Kamar Tidur dengan Warna Biru

Cara menerapkan warna biru sebagai dekorasi rumah

Ada banyak cara mendekorasi warna biru. Helen Shaw mengatakan bahwa warna biru bisa diaplikasikan pada interior klasik.

Helen juga menyebutkan bahwa warna biru bisa dipadukan dengan warna mencolok seperti oranye yang bisa memberikan kesan hangat dan serasi.

Selain itu, Helen juga menerangkan bahwa skema monokromatik juga bisa diterapkan pada dekorasi ruangan berwarna biru. Perpaduan warna biru dengan warna senada atau warna dasar akan membuat tampilan rumah terasa lebih lembut dan dapat memunculkan ketenangan.

Warna biru juga bisa digunakan untuk mengecat furnitur seperti lemari dengan warna biru yang membuat ruangan lebih tenang. Penerapan warna biru di ruang tamu juga bisa membuat percakapan dengan tamu terasa lebih pribadi dan nyaman.

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruang Makan dengan Warna Biru

Sue Wadden juga menerangkan bahwa warna biru cocok digunakan pada rumah dengan konsep pesisir maupun farmhouse. Perpaduan warna biru dengan putih akan membuat tampilan rumah terlihat alami.

Itulah makna dan cara menerapkan warna biru sebagai dekorasi rumah. Warna ini bisa kamu pilih, jika ingin menghadirkan warna segar di rumah.

Para ahli juga bisa mengatakan bahwa warna biru bisa menambah daya tarik di rumah. Penataan yang sempurna akan membuat dekorasi rumah terlihat lebih menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com