Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membersihkan Sepatu Boots Kulit dan Membuatnya Tampak Baru

Kompas.com - 09/11/2023, 21:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepatu boots berbahan kulit terlihat trendi dan elegan. Sepatu boots kulit bisa digunakan untuk berbagai acara santai selain saat cuaca dingin, seperti liburan, berjalan-jalan ke mal, dan bekerja. 

Sepatu boots kulit dirancang untuk berjalan santai. Sayangnya, berjalan dan penggunaan yang teratur dapat merusak sepatu boots kulit favorit Anda. 

Baca juga: Simak, Ini Tips Membersihkan Sepatu Boots Berbahan Karet

Sepatu boots kulit merupakan barang wajib dalam lemari pakaian siapa pun karena tampilannya yang chic, serbaguna, dan bahannya tahan lama.

Namun, sepatu boots kulit berkualitas bisa jadi mahal dan merupakan barang investasi, yang berarti penting membersihkan serta merawat sepatu dengan benar untuk memastikannya berumur panjang.

Anda harus sering membersihkan sepatu boots kulit, tetapi jangan terlalu sering karena bisa membuat sepatu lebih cepat rusak.

Secara umum, sebaiknya membersihkan sepatu boots kulit dengan kain lembap setiap kali selesai digunakan. Bersihkan dan berikan perawatan setiap satu atau dua bulan sekali. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Kamis (9/11/2023), berikut cara membersihkan sepatu boots kulit dan menjaganya tetap terlihat baru.  

Baca juga: Cara Menata dan Menyimpan Sepatu agar Tetap Rapi

Ilustrasi sepatu boots kulit.Shutterstock/Ruggiero Scardigno Ilustrasi sepatu boots kulit.
Alat dan bahan 

  • 4 kain mikrofiber.
  • Pengering rambut atau hair dryer.
  • Sikat gigi.
  • Sabun sabun cuci piring.
  • Kondisioner kulit.
  • Semir sepatu kulit.
  • Tepung maizena. 
  • Baking soda.
  • Alkohol gosok.
  • Kapas.
  • Cuka putih

Lepaskan tali sepatu

Jika sepatu boots kulit memiliki tali, lepaskan dan bersihkan sebanyak mungkin kotoran dari tali. Cuci tali sepatu di mesin cuci atau secara menual menggunakan tangan. 

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Cepat dan Mudah Dilakukan

Bersihkan kotoran yang terelepas

Selanjutnya, cara membersihkan sepatu boots kulit adalah memberishkan kotoran yang terlepas. Ketuk-ketuk sepatu boots kulit beberapa kali untuk menghilangkan kotoran dan serpihan dari sepatu.

Ambil kain kering dan gosok sebanyak mungkin kotoran yang tersisa. Bersihkan sebanyak mungkin kotoran dari sepatu boots kulit sebelum menggunakan air untuk membersihkannya. Kotoran basah dapat meresap ke dalam kulit dan mengeringkan bahannya. 

Oleskan air dan sabun

Buatlah larutan air hangat dan sabun pencuci piring, kemudian basahi kain lembut dalam campuran tersebut, dan seka seluruh permukaan setiap sepatu boots kulit.  

Baca juga: Cara Membersihkan Sepatu Putih Kanvas dan Kulit

Bilas dan keringkan sepatu boots kulit 

Ilustrasi sepatu boots kulit.Shutterstock/Dmitry Tkachuk Ilustrasi sepatu boots kulit.
Ambil kain bersih yang baru dan basahi dengan air bersih, kemudian seka setiap sepatu boots kulit untuk menghilangkan larutan sabun. Setelah sepatu boots kulit dibersihkan, diamkan hingga kering.

Hangatkan sepatu boots kulit 

Cara membersihkan sepatu boots kulit berikutya adalah menghangatkan sepatu. Hangatkan kulitnya untuk mempersiapkannya untuk dikenakan.

Anda dapat menghangatkan sepatu boots kulit dengan menjemurnya di bawah sinar matahari yang hangat atau menggunakan pengering rambut. Pastikan sepatu boots kulit sedikit hangat saat disentuh dan tidak terlalu panas. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau pada Sepatu

Mengkondisikan sepatu boots kulit 

Mengkondisikan sepatu boots kulit membantu bahannya tetap lembut dan lentur. Oleskan minyak sepatu boots, sealant, lilin, atau kondisioner kulit dengan kain bersih menggunakan gerakan melingkar kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com