Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2023, 09:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Semangka adalah buah yang kaya air dan memiliki rasa yang manis. Umumnya, semangka memiliki daging buah berwarna merah, dari merah cerah hingga merah gelap. 

Semangka berwarna merah ini juga sedang viral di media sosial dalam bentuk emoji, dari Twitter, Instagram, TikTok, hingga Facebook, sebagai bentuk dukungan kepada Palestina yang terus mendapat genjatan senjata dari Israel.  

Baca juga: 7 Jenis Semangka yang Bisa Ditanam di Rumah, Jadi Simbol Dukungan Palestina

Semangka adalah buah paling ikonik yang mewakili Palestina. Pasalnya, buah semangka tumbuh subur di seluruh wilayah Palestina, dari Jenin hingga Gaza.

Emoji Semangka menggantikan lambang bendera Palestina yang dilarang berkibar oleh Israel. Semangka dipilih lantaran memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina, yakni merah, hijau, putih, dan hitam.  

Selain berwarna merah, semangka juga tersedia dalam kuning. Semangka kuning ini tak kalah populer dengan semangka merah, termasuk dalam hal ras. 

Meski sering kali memiliki biji, banyak penikmat semangka berpendapat bahwa semangka kuning menghasilkan buah yang lebih unggul dalam rasa daripada kultivar merah standar.

Dari luar, buah semangka kuning memiliki tampilan yang tidak berbeda dengan semangka merah, yakni berwarna hijau muda dengan garis-garis hijau tua dan tanamannya memiliki daun berlekuk yang sama.

Beberapa tanaman semangka kuning menghasilkan buah besar, antara sembilan hingga 18 kilogram. Berat semangka ini ieal untuk dibagikan saat piknik atau pesta, sementara yang lain menghasilkan buah kecil seberat 2,7 kilogram. 

Tanaman semangka kuning kuat dan tumbuh paling baik di daerah dengan musim panas yang panjang dan panas. Tanaman semangka membutuhkan waktu antara 70-100 hari untuk menumbuhkan buah yang siap dipanen, tergantung varietasnya. 

Baca juga: Jadi Ikon Palestina, Ini Cara Menanam Semangka dari Biji

Cara menanam semangka kuning

Ilustrasi semangka kuning.Shutterstock/Deenida Ilustrasi semangka kuning.
Sama dengan semua semangka, tanaman semangka kuning menyukai banyak sinar matahari serta tanah berdrainase baik dan kesuburan tinggi.

Jika Anda tinggal di daerah dengan musim panas yang pendek, pilih varietas semangka kuning bush baby yang matang dalam waktu kurang dari 70 hari.

Tanaman semangka menjadi agak toleran terhadap kekeringan saat dewasa. Cegah hama dan penyakit umum dengan tidak menanam semangka kuning di lokasi tanaman labu atau mentimun lain ditanam tahun sebelumnya.

Tidak disarankan menanam semangka kuning di dalam ruangan. Tunggu hingga suhu tanah setidaknya 21 derajat Celsius sebelum menanam benih di luar ruangan.

Penting menjaga tanah menjadi hangat, bukan hanya suhu udara. Tunda penanaman hingga sekitar dua minggu setelah embun beku terakhir musim ini.

Selain itu, dapat menanam semangka kuning di bedengan atau menutup tanah dengan plastik untuk mempercepat pemanasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com