Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2023, 12:29 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari pakaian terkadang dapat mengalami bau apak. Tentu saja, bau apak ini dapat membuat frustasi karena baunya dapat menempel pada pakaian dan butuh waktu lama untuk menghilangkannya. 

Bau apak umum terjadi di rumah-rumah. Bau basah ini biasanya ditemukan di ruang bawah tanah, handuk, pakaian, dan ruang penyimpanan, seperti lemari. 

Baca juga: Lemari Pakaian Berantakan Berdampak Buruk pada Karier dan Kesehatan?

Bau apak sering kali disebabkan kelembapan berlebih yang memicu tumbuhnya jamur atau lumut. Nah, dilansir dari The Spruce, Kamis (2/11/2023), berikut sejumlah penyebab lemari pakaian bau apak. 

Kelembapan dan Jamur

Ilustrasi lemari pakaian.Shutterstock/New Africa Ilustrasi lemari pakaian.
Terlalu banyak kelembapan menjadi penyebab lemari pakaian bau apak. Lemari yang berisi pakaian lembap, handuk basah, atau penyebab kelembapan lainnya dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan lumut, yang mengeluarkan gas yang menghasilkan bau apek.

Pakaian atau sepatu kotor

Pakaian dan sepatu yang terkena kotoran, makanan, cairan tubuh, atau bahan lainnya juga dapat menjadi penyebab lemari pakaian bau apak.  

Karena itu, hindari menaruh pakaian kotor di dalam lemari atau meninggalkannya di lantai untuk mencegah bau. 

Baca juga: 5 Cara Mencerahkan Pakaian Putih yang Menguning tanpa Pemutih

Ventilasi yang buruk

Terakhir, penyebab lemari pakaian bau apak adalah ventilasi yang buruk atau kurang. Ketika udara pengap dan stagnan, udara akan menangkap partikel-partikel udara, seperti debu dan bulu hewan peliharaan, yang dapat meninggalkan bau tidak sedap di lemari pakaian. 

Cara menghilangkan bau apak dari lemari pakaian 

Setelah mengetahui penyebab bau apak dan dari mana asalnya, berikut beberapa cara menghilangkan bau apak dari lemari pakaian.

  • Bersihkan lemari pakaian secara mendalam

Cara terbaik menghilangkan bau apak dari lemari pakaian adalah membersihkannya secara menyeluruh.

Mulailah mengosongkan semua yang ada di dalam lemari pakaian. Cari botol parfum yang bocor atau cairan lain yang bisa menjadi sumber bau di lemari pakaian. 

Kemudian bersihkan dinding dan rak dengan larutan cuka dan air untuk menghilangkan bau apak dan sedot debu di lantai.

Jika menemukan jamur atau lumut kecil saat membersihkan lemari pakaian, bersihkan area tersebut menggunakan air hangat dan sabun pencuci piring.

Apabila jamurnya cukup besar (lebih dari 10 kaki persegi), sebaiknya memanggil tenaga profesional untuk membantu mengatasi masalah tersebut. 

Baca juga: Bikin Kacau, 7 Barang Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Pakaian

  • Bersihkan pakaian kotor

Ilustrasi lemari pakaian.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi lemari pakaian.
Selanjutnya, cara menghilangkan bau apak dari lemari pakaian adalah membersihkan pakaian yang kotor. Cuci semua pakaian yang kotor dan seka sepatu atau aksesori yang kotor.

Jika pakaian "bersih", tetapi masih berbau, cucilah pakaian tersebut atau gantung di dekat kipas angin atau jendela yang terbuka untuk mendapatkan udara segar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com