Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Lemari Pakaian

Kompas.com - 08/03/2023, 21:33 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika merasa lemari mulai terasa penuh untuk menyimpan pakaian, tak perlu buru-buru menambah penyimpanan baru.

Anda dapat memaksimalkan ruang yang ada pada lemari sehingga dapat menampung lebih banyak pakaian dan barang serta memperoleh ruang baru yang efisien. 

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (8/3/2023), berikut tips memaksimalkan ruang di lemari pakaian.

Baca juga: Simak, Ini 4 Cara Merapikan Lemari Pakaian

Rapikan dan sortir pakaian

Ilustrasi lemari pakaian anak, Ilustrasi lemari pakaian.Shutterstock/Kostikova Natalia Ilustrasi lemari pakaian anak, Ilustrasi lemari pakaian.
Mulailah dengan cara paling jelas untuk menciptakan lebih banyak ruang, yakni menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak digunakan. Hal ini akan membuat perbedaan besar.

Luangkan waktu beberapa jam untuk mengeluarkan semuanya, memilah-milahnya dalam beberapa kategori, lalu mengambil keputusan. 

Jika terdapat pakaian yang tidak pernah digunakan selama lebih dari setahun, kemungkinan besar Anda tidak akan memakainya lagi.

Periksa setiap barang, termasuk ikat pinggang, tas, dan topi untuk memastikan setiap barang yang dimasukkan kembali ke lemari pakaian merupakan barang yang benar-benar dibutuhkan. 

Baca juga: 5 Cara Mengatur Lemari Pakaian Kecil agar Tampak Luas

Pasang rak

Memasang beberapa rak tambahan di lemari dapat memberi Anda lebih banyak ruang untuk menyimpan barang. Barang-barang besar seperti sweater dan celana akan memakan lebih sedikit ruang saat dilipat di rak daripada digantung. 

Jika Anda memasang rak yang tinggi, pastikan untuk menyimpan bangku kecil yang dapat dilipat untuk memudahkan mengaksesnya.

Baca juga: 5 Tips Menghindari Stres Saat Merapikan Lemari Pakaian

Pertimbangkan sudut

Untuk memanfaatkan ruang, periksa bagian sudut lemari pakaian. Jika lemari pakaian memiliki sudut yang kurang dimanfaatkan dan belum dioptimalkan, pertimbangkan menambahkan rak sudut.

Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan berbagai barang, sesuai dengan ukuran rak. 

Pilih gantungan yang tepat

Ilustrasi lemari pakaian bayi atau anak.Shutterstock/Igisheva Maria Ilustrasi lemari pakaian bayi atau anak.
Saat ini, gantungan tersedia dalam berbagai model. Untuk menghemat ruang, pilih gantungan yang lebih ramping untuk lemari pakaian. 

Gantungan yang tebal akan memakan lebih banyak ruang dan membuat Anda lebih sulit memaksimalkan ruang penyimpanan. Jadi, disarankan menggunakan gantungan yang tipis, tapi tetap kokoh dan berkualitas. 

Baca juga: 5 Ide Menata Lemari Pakaian untuk Memperluas Ruang Penyimpanan

Gunakan bagian belakang pintu

Cobalah memasang organizer pada bagian belakang pintu lemari pakaian. Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan barang-barang kecil seperti lint roller atau perlengkapan perawatan sepatu. 

Selain itu, memasang pegboard untuk menyimpan barang-barang seperti tas slempang, syal, dan topi.

Baca juga: 6 Barang yang Harus Disingkirkan dari Lemari Pakaian

Manfaatkan ruang bawah tempat tidur

Jika telah mengoptimalkan lemari pakaian semaksimal mungkin dan ruang masih terasa sempit, cari tempat lain untuk menyimpan barang berlebih.

Beberapa kotak penyimpanan di bawah tempat tidur dapat menjadi tempat ideal untuk menyimpan pakaian yang jarang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com