Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2023, 12:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Be Chewy

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu perawatan kucing peliharaan yang perlu dilakukan yaitu memotong kuku kucing. Selain alasan kebersihan, memotong kuku kucing juga bermanfaat untuk mencegah cedera pada kucing peliharaan.

Melansir dari Be Chewy, Selasa (31/20/2023), kuku yang panjang bisa menyebabkan cedera pada bantalan kaki kucing karena kuku akan melengkung dan tumbuh ke bagian dalam.

Selain itu, kucing yang kukunya panjang akan menyebabkan perubahan gaya berjalan yang membuat masalah persendian jangka panjang. Apabila terjebak di karpet, maka akan menyebabkan cedera dan rasa tidak nyaman.

Baca juga: Ingin Memotong Kuku Kucing? Begini Caranya

Bahkan, kuku kucing yang panjang bisa menyebabkan kerusakan furnitur karena kucing akan sering menggaruk kuku ke furnitur di rumah.

Memotong kuku kucingShutterstock/RJ22 Memotong kuku kucing

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk rutin memotong kuku kucing peliharaan. Adapun cara memotong kuku kucing, seperti berikut.

Temukan tempat tenang dan posisi nyaman

Kucing biasanya akan berontak saat kukunya dipotong. Maka dari itu, Anda perlu mencari tempat yang tenang dan posisi nyaman agar proses memotong kuku kucing menjadi lebih mudah.

Beberapa posisi nyaman yang bisa Anda coba saat memotong kuku kucing, antara lain;

Baca juga: Seberapa Sering Sebaiknya Kuku Kucing Dipotong? Ini Penjelasannya

  • Duduk dan pegang kucing di pangkuan Anda.
  • Berdiri dan gendong kucing di permukaan datar.
  • Berbaring dengan posisi kucing berbaring di dada Anda.
  • Duduk dengan kucing berbaring telungkup di antara dua kaki.

Apabila kucing masih memberontak, maka salah satu cara menjaga kucing tetap nyaman dan aman yaitu dengan membedong kucing menggunakan kain atau handuk. Anda juga bisa menutup kepala dengan handuk agar kucing tidak mudah berontak dan tenang.

Angkat kaki kucing yang akan dipotong kukunya

Jika sudah menemukan posisi yang nyaman, Anda bisa mengangkat salah satu kaki kucing yang akan kukunya akan dipotong.

Kemudian, beri sedikit tekanan di bantalan kaki kucing agar kuku kucing memanjang dan mudah dipotong.

Bersama dengan itu, pegang kaki kucing dan perhatikan letak pembuluh darah di kuku kucing. Pembuluh darah berwarna merah muda atau hitam.

Baca juga: Jadwal Memotong Kuku Kucing Menurut Dokter Hewan

Potong kuku dengan sudut 45 derajat

Cara memotong kuku kucing selanjutnya yaitu memotong ujung kuku dengan sudut 45 derajat. Gunakan tekanan yang kuat karena kuku kucing biasanya keras.

Ilustrasi kuku kucingdexmac Ilustrasi kuku kucing

Gunting kuku secara perlahan agar kucing tidak merasa kesakitan. Selain itu, saat memotong kuku pastikan tidak mengenai pembuluh darah karena bisa menyebabkan kucing kesakitan.

Perhatikan juga tanda peringatan seperti ekor berkedut, menggeram, badan kaku, atau terengah-engah.

Apabila Anda melihat tanda tersebut, maka sebaiknya berhenti sejenak karena pada kondisi tersebut kucing biasanya sedang marah dan siap untuk mencakar atau menggigit.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Anggora, Rutin Sisir Bulunya

Seberapa sering kuku kucing harus dipotong?

Secara umum, kuku kucing rumahan perlu dipotong setiap beberapa minggu sekali. Kuku anak kucing biasanya akan tumbuh lebih cepat, sehingga perlu dipangkas setiap minggu sekali.

Sedangkan kuku kucing dewasa perlu dipotong sebulan sekali. Sementara itu, kuku kucing liar tidak perlu rutin dipotong karena merupakan senjata yang menjadi alat pertahanan diri. Jadi, kuku kucing liar hanya perlu dipotong beberapa kali dalam satu tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com