Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2023, 22:10 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comPaprika merupakan tanaman sayur buah yang sering ditambahkan dalam masakan. Di daerah beriklim hangat, paprika bisa tumbuh subur dan minim perawatan.

Namun, menanam paprika di musim hujan sedikit rumit. Sebab, tanaman ini rentan terserang hama dan penyakit yang menyebabkan gagal panen.

Dilansir dari Gardening Know How, Minggu (29/10/2023), berikut ini tips menanam paprika di musim hujan agar panen maksimal.

Baca juga: Cara Menanam Paprika di Rumah agar Cepat Panen

Cara menanam paprika di musim hujan

Saat menanam paprika di musim hujan, Anda perlu memperhatikan penyinaran matahari dan suhu lingkungan. Untuk mendapatkan pencahayaan yang maksimal dan suhu yang ideal, sebaiknya tanam paprika di dalam rumah kaca.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat menanam paprika di musim hujan. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pilih lokasi penanaman

Ilustrasi tanaman paprikaShutterstock/Douglas Olivares Ilustrasi tanaman paprika

Paprika membutuhkan sinar matahari penuh agar tanaman bisa tumbuh dengan maksimal. Anda bisa mencoba menanam paprika di dekat jendela menghadap ke selatan atau barat.

Selain itu, sebaiknya buat cahaya buatan dari lampu agar tanaman bisa mendapatkan penyinaran dengan maksimal.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Paprika di Pot

Tanaman paprika juga perlu ditanam di tempat yang terlindungi seperti di teras tertutup, di dalam rumah, atau di rumah kaca.

2. Siram tanaman secukupnya

Tips menanam paprika di musim hujan selanjutnya yaitu melakukan penyiraman secukupnya. Tanaman paprika perlu disiram setiap 3 hingga 4 minggu dan biarkan media tanam mengering di antara waktu penyiraman.

Jangan menyiram tanaman secara berlebihan karena bisa menyebabkan tanaman tergenang. Kondisi ini bisa menyebabkan tanaman busuk dan mati.

3. Pindahkan tanaman ke luar ruangan

Pemindahan tanaman paprika ke luar ruangan dilakukan saat kondisi lingkungan mulai hangat. Pindah tanam dilakukan secara perlahan.

Baca juga: Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag, Mudah untuk Pemula

Anda perlu melakukan pengenalan tanaman dengan cahaya yang lebih banyak secara perlahan dan memberikan pemupukan ringan agar tanaman tetap tumbuh dengan baik.

Setelah tanaman siap, lakukan pemindahan ke luar ruangan agar tanaman paprika bisa mendapatkan pencahayaan dengan maksimal.

Langkah selanjutnya yaitu melakukan penyiraman secukupnya. Seminggu setelah pemindahan, Anda bisa melihat pertumbuhan lebih maksimal.

Itulah beberapa tips menanam paprika di musim hujan yang bisa Anda lakukan. Dengan melakukan perawatan yang benar dan tetap memperhatikan kondisi lingkungan, maka tanaman akan tumbuh dengan baik dan produktivitasnya maksimal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com