Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2023, 17:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Balkon di rumah bisa dimanfaatkan sebagai tempat menanam sayuran. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis sayuran bisa ditanam di balkon.

Tanaman yang dibudidayakan biasanya sayuran yang cepat panen. Selain umur panen, hal lain yang penting untuk diperhatikan saat menanam sayuran di balkon yaitu terkait perawatannya.

Pastikan sayuran yang ditanam mudah dirawat agar tidak merepotkan. Lantas, apa saja sayuran yang bisa ditanam di balkon? Dikutip dari Gardening Channel, Sabtu (28/10/2023), berikut ini penjelasan selengkapnya.

Baca juga: 6 Sayuran yang Tumbuh Subur di Bawah Sinar Matahari Penuh, Apa Saja?

Paprika dan cabai

Paprika dan cabai merupakan tanaman sayur yang masih berkerabat dekat. Sayuran ini ternyata bisa ditanam dalam polybag atau pot dan diletakkan di balkon.

Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai di pot.SHUTTERSTOCK/OLGA KORICA Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai di pot.

Cara menanam sayuran ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan pot yang besar, kemudian isi dengan media tanam yang subur dan tanam bibit paprika atau cabai yang sehat.

Selain cara menanam, perawatan sayuran ini juga tidak sulit. Anda hanya perlu rutin menyiram dan memberikan pupuk agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman terpenuhi. Selain itu, pupuk berguna untuk meningkatkan produktivitas tanaman.

Baca juga: Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag, Mudah untuk Pemula

Tomat

Selain cabai dan paprika, tomat juga termasuk sayuran yang bisa ditanam di balkon. Namun, pastikan untuk memperhatikan penyinaran matahari di area tersebut.

Sebab, tanaman ini membutuhkan sinar matahari setidaknya 5 hingga 6 jam per hari. Sama seperti cabai, tomat juga bisa ditanam dalam polybag atau pot.

Dalam wadah tanam diisi dengan media tanam yang subur. Kemudian, tanam bibit dalam lubang tanam tersebut. Lakukan perawatan dengan rutin sampai buah tomat siap dipanen.

Terong

Terong merupakan sayuran buah yang banyak disukai. Biasanya, sayuran ini dijumpai di lahan terbuka.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Terong dari Biji

Namun ternyata, sayuran ini bisa ditanam di lahan sempit termasuk balkon. Bibit terong bisa ditanam dalam pot besar agar tanaman terong bisa tumbuh dengan baik.

Akan tetapi, pastikan tanaman terong mendapatkan sinar matahari 6 sampai 8 jam dalam sehari. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pupuk dan pasang ajir agar pertumbuhan dan produktivitas tanaman maksimal.

Lobak

Sayuran yang bisa ditanam di balkon lainnya yaitu lobak. Tanaman umbi ini juga bisa ditanam dalam polybag atau pot.

Anda perlu menggunakan pot yang cukup dalam agar umbi bisa berkembang dengan baik. Dalam satu wadah bisa ditanam lebih dari satu bibit, namun jarak tanamnya perlu diatur dengan baik.

Baca juga: Cara Menanam Lobak agar Bisa Panen Maksimal

Wortel

Selain lobak, tanaman umbi lainnya yang bisa ditanam di balkon yaitu wortel. Tanaman sayur ini juga bisa ditanam di polybag besar agar umbi bisa berkembang dengan maksimal.

Ilustrasi wortel di tanam dalam potShutterstock/Pablo53 Ilustrasi wortel di tanam dalam pot

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com