Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2023, 23:54 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comGulma adalah tanaman liar yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman budidaya. Gulma dapat ditemukan di kebun sayur.

Pertumbuhan gulma di dekat sayur bisa menyebabkan persaingan nutrisi, ruang, hingga cahaya. Maka dari itu, gulma perlu dikendalikan agar pertumbuhan dan produktivitas tanaman sayur tidak terganggu.

Cara pengendalian termudah yaitu dengan menggunakan herbisida kimia. Namun, pengendalian menggunakan bahan kimia bisa menyebabkan dampak negatif bagi tanaman maupun lingkungan.

Baca juga: Cara Membunuh Gulma dengan Garam Dapur

Selain menggunakan herbisida, ada juga cara pengendalian gulma lain yang relatif lebih aman. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (23/10/2023), berikut ini cara mengendalikan gulma tanpa herbisida dengan mudah.

Kultur teknis

Pengendalian gulma termudah yang bisa dilakukan yaitu dengan menerapkan kultur teknis dengan benar. Misalnya dengan memilih benih murni, varietas unggul, mengatur saluran drainase, mengolah lahan sebelum penanaman, dan mengatur pola tanam.

Selain bisa mengendalikan pertumbuhan gulma, penerapan kultur teknis yang benar juga bisa membuat tanaman tumbuh dengan baik.

Ilustrasi mencabut gulmaShutterstock/Alexander Knyazhinsky Ilustrasi mencabut gulma

Pengendalian dengan cara manual

Pengendalian dengan cara ini bisa dilakukan tanpa alat bantu. Cukup cabut satu per satu gulma menggunakan tangan.

Cara pengendalian ini tidak merusak tanaman. Namun, kurang efektif apabila diterapkan pada lahan yang luas.

Baca juga: Cara Membasmi Gulma dari Taman dengan Garam

Cara mekanis

Berbeda dengan pengendalian manual yang tanpa alat, pengendalian mekanis menggunakan alat bantu seperti sabit.

Penggunaan alat bisa mempermudah pekerjaan. Namun, penggunaan alat harus hati-hati agar tidak merusak akar maupun tajuk tanaman.

Pengendalian biologis

Cara mengendalikan gulma di kebun sayur juga bisa dengan memanfaatkan agen hayati seperti jamur dan bakteri.

Pengendalian dengan cara ini memang masih jarang dilakukan. Akan tetapi, pengendalian dengan cara ini masih jarang dilakukan karena membutuhkan pengalaman dan keahlian khusus.

Kekurangan pengendalian gulma tanpa herbisida

Meski dinilai aman, pengendalian gulma tanpa herbisida ternyata memiliki beberapa kekurangan, seperti; prosesnya lama, tidak bisa mengendalikan gulma sejak awal, dan gulma dari jenis pohon sulit dikendalikan.

Baca juga: Cara Membunuh Gulma di Sela-sela Paving Block Pakai 2 Bahan Alami Ini

Maka dari itu, cara efektif dan efisien untuk mengendalikan gulma yaitu dengan memadukan seluruh teknik pengendalian atau yang disebut sebagai teknik pengendalian gulma terpadu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com