Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini 5 Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung Parkit

Kompas.com - 23/10/2023, 10:02 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bubbly Pet

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkt merupakan salah satu jenis burung yang termasuk dalam keluarga beo dan banyak dipelihara. 

Namun, jika baru memelihara atau berencana membelinya, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui apakah burung parkit berjenis kelamin jantan atau betina. 

Baca juga: Ketahui, Ini Ragam Tanda Burung Parkit Bertelur

Sebenarnya, tidak ada cara pasti menentukan jenis kelamin burung parkit secara sekilas. Namun, ada beberapa faktor yang membantu Anda membedakan apakah burung parkit jantan atau betina. 

Namun, jika masih tidak yakin, Anda bisa bertanya kepada peternak atau dokter hewan yang berpengalaman. Tes endoskopi dan DNA juga bisa menjadi pilihan untuk mengidentifikasi jenis kelamin burung parkit.  

Cara mengetahui jenis kelamin burung parkit 

Ilustrasi burung parkit.Shutterstock/UniqSnaps Ilustrasi burung parkit.

Mengetahui jenis kelamin burung parkit sangat penting untuk berbagai alasan. Misalnya, jika mencoba mengembangbiakkan burung parkit, Anda perlu mengetahui jenis kelamin masing-masing burung agar dapat memasangkannya dengan tepat.

Jenis kelamin burung juga secara umum mempengaruhi perilaku dan ciri-ciri kepribadiannya. Untungnya, burung parkit bersifat dimorfik secara seksual. Artinya, Anda bisa sedikit membedakan kedua jenis kelamin burung parkit dengan melihat ciri-ciri fisiknya.

Namun, sulit menentukan jenis kelaim burung burung parkit muda sulit sampai mencapai kedewasaan.

Meski demikian, dilansir dari Bubbly Pet, Senin (23/10/2023), berikut cara mengetahui jenis kelamin burung parkit

Baca juga: 11 Fakta Burung Parkit yang Setia dengan Pasangannya   

Warna cere 

Cere adalah sepetak kecil kulit berdaging yang terletak di bagian atas paruh burung parkit. Biasanya, cera hadir dalam warna pink, biru cerah, coklat muda, ungu tua, putih, dan biru keputihan.

Selain itu, warna cere burung parkit dapat berubah seiring bertambahnya usia burung atau saat musim kawin tiba, entah menjadi lebih cerah atau gelap seiring . 

Untuk membantu Anda, berikut cara membedakan warna cere burung parkit sesuai dengan jenis kelamin. 

Cere biru: Burung parkit jantan umumnya memiliki cere biru. Namun, karena mutasi warna, ketidakseimbangan hormon, dan genetika, beberapa burung parkit jantan memiliki cere berwarna biru pucat, pink, atau coklat. 

Baca juga: 4 Benda Beracun dan Berbahaya untuk Burung Parkit

Cere ungu: Jika burung parkit memiliki cere biru tua hingga ungu, kemungkinan besar adalah berkelamin jantan. Faktanya, cere ungu biasanya terlihat pada parkit jantan yang lebih tua selama musim kawin.

Cere coklat: Sama dengan ungu, cere coklat biasanya ditemukan pada burung parkit betina yang siap berkembang biak. Saat dewasa, Anda juga akan melihat bahwa lubang hidung betina menjadi lebih besar dan teksturnya menjadi lebih berkerak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com